Selasa, 01 Maret 2022

Keterangan Foto :

Dwi Jatmiko, S.Pd.I
Guru al Qur’an SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta
Mahasiswa PAI Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

Sering kali kita merasa kepedulian umat Islam untuk mempelajari untuk mempelajari dan mendalami Al-Qur’an masih sangat memprihatinkan. jangankan mempelajari dan mendalami membacanya setiap hari saja belum dilakukan padahal turun ayat pertama bernada perintah “Iqra” = Baca. banyak yang mengorbankan dirinya sampai meninggal dunia belum paham Al-Qur’an.

Akibat tidak ada kepedulian, pemahaman terhadap Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya masih kulit-kulitnya saja. Belum bisa meresap ke dalam Qalbunya. Sehingga tidak mampu menggerakkan jiwa raganya ke jalan yang lurus. Di era derasnya informasi dan digitalisasi masih ada persepsi bahwa al Qur’an itu sulit, al qur’an tidak mudah dipelajari. Faktanya adalah Allah SWT menjamin mudah. Sebagaimana tertuang di dalam QS. Al-Qomar surat ke 54 hingga di ulang 4 kali pada ayat 17, 22, 32, 40.

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

Allah menegaskan bahwa Al-Qur’an itu mudah untuk dipelajari. Allah menanyakan Adakah orang yang mau mempelajari ? Mari kita mencoba mempelajari bersama, kita dan kami akan menemukan bahwa kosakata al Qur’an berjumlah sebanyak 110.000 kosakata. Namun setelah diteliti lebih dalam, ternyata 79 % kosakata ulang. 79 % kosakata yang diulang-ulang missal sebut saja kosakata alladziina muncul sebanyak 810, hum sebanyak 3000, ulaaika sebanyak 205, Allah sebanyak 2698. Sisanya 21 % kosakata kunci, dengan membuka surat al Baqarah.

Siapapun ingin bisa membaca Al-Qur’an, berlatih dulu membaca Surah Al Baqarah. Siapapun ingin lancar membaca Al-Qur’an, lancarkan dulu bacaan Surah Al Baqarah. Begitu pula bagi siapapun ingin bisa menerjemahkan Al-Qur’an, berlatih dulu menerjemahkan Surah Al Baqarah. Kemudahan yang Allah SWT., jadikan di dalam Alquran mudah. Tidak ada satu pun kitab suci samawi atau langit yang Allah turunkan ke dunia yang memiliki sifat mudah seperti Alquran. Allah jaga kitab ini secara sempurna. Adapun kitab-kitab terdahulu sebelum Alquran dibaca melalui lembaran-lembaran. Sedangkan Alquran sangat mudah untuk dibaca, dipahami, dihafalkan, dan diamalkan serta disyiarkan.

Sebut saja, apa yang terjadi pada era RA Kartini sesungguhnya saat ini tidak harus terjadi lagi, karena Al Quran juga sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Bahkan mempelajari al quran tidak terbatas hanya dengan mushaf yang tercetak di atas kertas, namun juga sudah tersedia dalam berbagai bentuk media, termasuk al Qur'an digital. Sehingga untuk memahami al Quran, kembali pada pertanyaan retoris pada 4 ayat dari surat Al Qomar itu, Adakah dari kita mau mengambil pelajaran ? Jawabnya kembali kepada diri kita masing-masing.

Al Qur’an itu identik dengan Allah Swt., maka jika kita mau istiqomah mempelajari dan memahami Al-Qur’an niscaya mukjizat keberkahan dan barokahnya akan dilimpahkan oleh Allah SWT kepada kita berwujud kesehatan, kekuatan, Kesabaran dan kemudahan dalam segala urusan kita di masa-masa sulit seperti saat ini, di tengah pagebluk Covid-19, Omicron dan langkanya minyak goreng.

Al Qur’an itu mudah dipelajari, di antara contoh untuk membedah anatomi peristiwa yang luar biasa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw tujuannya memenuhi undangan Allah swt dan menjemput perintah shalat lima waktu. Bisa dibayangkan, jarak Makkah-Madinah 450 kilometer. Pada masa itu, kurang lebih memakan waktu perjalanan dua pekan—15-16 hari—dengan unta. Sedangkan jarak Madinah-Jerussalem 1200 kilometer.

Firma Allah Swt., Qs. Al Isra’ (17) ayat 1, Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.

“Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya” (QS. Az Zumar (39) ayat 2)

“Dan Sesungguhnya Al Quran itu benar-benar kebenaran yang diyakini” (QS. Al Haaqqah (69) ayat 51)

“Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat” (QS. Al Qalam (68) ayat 52)

“Al Qur`an adalah pemberi syafaat yang diterima syafaatnya Dan petunjuk yang diakui sungguh kebenarannya Barangsiapa yang menjadikan Al Qur`an pemimpinnya. Maka ia (Al Qur`an) akan menuntunnya kedalam syurga

Dan barangsiapa meletakkan Al Qur`an dibelakangnya, Maka ia (Al Qur`an akan menghelanya ke dalam neraka” (Hadits riwayat Ibnu Hibbah)


“Dan Kami turunkan (Al Quran) itu dengan sebenar-benarnya dan Al Quran itu telah turun dengan (membawa) kebenaran. dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan” (QS. Al Israa` (17) ayat 105)

“(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Ali `Imran (03) ayat 138)

“Al Qur`an ialah Cahaya (penerangan) yang nyata Dan Peringatan yang bijaksana dan jalan yang lurus” (Hadits riwayat Baihaqi)

“Dan janganlah kamu mengikuti Apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (Al Qur`an surat Al Israa` (17) ayat 36)

“Alif, laam, raa. ini adalah ayat-ayat kitab (Al Quran) yang nyata (dari Allah). Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya” (Al Qur`an surat Yusuf (12) ayat 1-2)

“Tiada dari Nabi-nabi melainkan diberikan kepadanya mukjizat Atau agar manusia beriman atasnya, Dan bahwasanya yang diberikan kepadaku adalah wahyu, Yang diwahyukan Allah kepadaku, Dan sesungguhnya aku mengharapkan Agar kebanyakan mereka menjadi pengikutku sampai hari kiamat” (Hadits riwayat Muslim)

Selamat Isra’ Mi’raj. Semoga kita, keluarga, dan keturunan kita selalu mendirikan dan menjaga shalat serta memahami al qur’an yang muaranya peduli agama, peduli manusia, peduli lingkungan dan system.

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Posting Populer

SMP MULISKA

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025