Sabtu, 11 Maret 2023

Praktik wudu siswa MTs Muhamamdiyah Surakarta bersama guru penguji

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Surakarta mengadakan kegiatan ujian praktik wudu dan salat sesuai dengan tuntunan HPT (Himpunan Putusan Tarjih) Muhammadiyah, Kamis (09/03/2023). Ujian praktik dilaksanakan dalam 2 hari, yakni tanggal 08 hingga 09 Maret 2023. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 - 10.00 WIB. 

Adapun tempat pelaksanaan ujian praktik berada di lingkungan madrasah yakni di kelas dan masjid Ar Rahmah. Ikut dalam kegiatan tersebut semua siswa baik kelas VII sampai dengan kelas IX. Pada hari Rabu dilaksanakan ujian khusus siswa putra, sedangkan pada hari Kamis khusus siswa putri. Tim penguji dalam kegiatan ini diantaranya guru dan karyawan Matsmuka juga ustazah dari Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan.

Pada sesi pembukaan bertempat di halaman Madrasah, siswa mendapatkan pengarahan dari Bapak Kepala Madrasah Sumarman. Dalam sambutanya, ia menyampaikan bahwa tujuan diadakannya ujian ini agar siswa nantinya bisa fasih dan mahir dalam melakukan wudu dan salat, karena salat merupakan kunci pokok dalam ibadah  dikehidupan sehari-hari.

"Ujian praktik ini dilaksanakan dengan tujuan bahwa salat wajib  merupakan kunci pokok ibadah, setiap siswa harus betul fasih dan mahir baik bacaan dan gerakannya  selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menuju kehidupan yang lebih baik, "ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan semangat kepada seluruh siswa dalam mengikuti ujian praktik. Wudu dan salat merupakan landasan utama dalam beribadah bagi umat islam sehingga dalam praktiknya harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. "Siswa MTs itu harus bisa mengaji, salat, dan wudu dengan benar karena itu merupakan kewajiban bagi umat islam, "tambahnya.

Praktik salat fardu siswa MTs Muhammadiyah Surakarta

Pelaksanaan ujian praktik dilakukan dengan (moving class), yakni siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang diacak dari kelas VII samapai dengan kelas IX. Kemudian masing-masing kelompok diuji oleh 2 guru. Ujian pertama dimulai dengan praktik wudu yang dilaksanakan dibeberapa titik tempat wudhu. Selanjutnya, ujian salat di ruang masing masing yg sudah disediakan. 

Sebelum melaksanakan kegiatan tim penguji memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa kelompoknya masing-masing. Setelah siswa selesai praktik, tim penguji akan mengoreksi dan memberikan pembetulan bagi siswa yang belum benar dalam praktik wudu dan salat. Sebelumnya, siswa juga sudah mendapatkan buku panduan yang berisi tuntunan beribadah sesuai HPT (Himpunan Putusan Tarjih) Muhammadiyah. Adapun jika dalam ujian praktik wudu dan salat fardu siswa sudah dinyatakan lulus dengan nilai A, maka untuk selanjutnya siswa akan melaksanakan ujian praktik salat jenazah.

Siti Zumrotun, salah satu tim penguji menjelaskan bahwa masih ada beberapa siswa yang harus mengulang pada saat praktik karena belum sempurna bacaan dan gerakan salatnya. "Tadi masih ada beberapa siswa harus mengulang lagi karena belum lancar dan ada gerakan salat yang masih kurang sempurna, "ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Afiffaturrouf, selaku Wakil Kepala Madrasah bagian Kurikulum menjelaskan bahwa ujian praktik wudu dan salat dilaksanakan setiap PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), dan PAT (Penilaian Akhir Tahun).  "Di MTs Muhammadiyah Surakarta secara rutin mengadakan Ujian praktik ini untuk siswa-siswinya. Pada kesempatan kali ini ujian praktik wudu dan salat dilaksanakan setelah selesai PTS Genap Tahun ajaran 2022/2023," terangnya.

Lebih lanjut Afiffaturrouf menjelaskan bahwa ujian praktik ini juga bekerja sama dengan Wakil Kepala Madrasah dibidang Al islam dan Kemuhammadiyahan guna mengukur kemampuan dan ketepatan gerakan dan bacaan salat seusai dengan HPT.

"Ujian  ini diadakan untuk mengukur kemampuan dan ketepatan gerakan dan bacaan salat yang dipraktikkan tiap pagi khususnya salat duha dan salat zuhur di MTs Muhammadiyah Surakarta," jelasnya .

"Adapun program keislaman dalam mengembangkan spiritual siswa MTs Muhammadiyah Surakarta antara lain: salaman pagi, salat duha & zuhur, kultum, tasmi', tahsin, tahfidz, dan infaq. Harapan kami untuk siswa MTs Muhammadiyah Surakarta menjadi anak-anak yang saleh dan salihah mempunyai adab yang baik dan menjadi contoh anak-anak yang lain," pungkasnya. (Humas matsmuka)

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023
>> BADAN HUKUM MUHAMMADIYAH PART 1
>> BADAN HUKUM MUHAMMADIYAH PART 2

Pengunjung

Flag Counter