Rabu, 08 April 2020

SOLO – Setoran hafalan mufradat secara online dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta karena siswa harus belajar di rumah akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diinisiasi oleh para guru al Islam, Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab, salah satunya adalah Jatmiko.

Dia menyampaikan para orangtua siswa kelas IV dan V ABACD telah mendapatkan penjelasan di grup WA wali murid bahwa masing-masing kelas mendapatkan penjadwalan hari Senin - Kamis pukul 19.15 WIB melalui Zoom Cloud Meeting.

“Pembelajaran online dinilai efektif mengingat ada kebijakan social distancing untuk mengurangi penyebaran virus, tanpa risiko, proses transfer ilmu tetap bisa dilaksanakan,”ujarnya dihubungi Rabu (8/4/2020).

Al Mufradat atau Kosakata merupakan kumpulan kata-kata yang membentuk bahasa yang diketahui seseorang dan kumpulan kata tersebut akan ia digunakan dalam menyusun kalimat atau berkomunikasi dengan masyarakat.
Pembelajaran mufrodat  siswa akan dapat pengalaman di antaranya mendengarkan kata, mengucapkan kata, mendapatkan makna kata, membaca kata, menulis kata, membuat kalimat.

“Pembelajaran mufrodat merupakan proses penyampaian bahan pembelajaran perbendaharaan kata sebagai unsur pembelajaran bahasa arab untuk memudahkan siswa memahami mufrodat yang akan disampaikan pendidik,”paparnya.

Islam agama yang sudah ditetapkan oleh Allah dan melalui utusannya nabi Muhammad Saw., menyampaikan kepada umat manusia.

Secara umum Islam menggunakan bahasa Arab dalam ajarannya, pandangan bahwa bahasa Arab sebagai bahasa al Qur’an merupakan teknis penyampaian pesan dari pada soal nilai.

Langkah pertama untuk mudah belajar bahasa Arab adalah dengan mempelajari kosa kata bahasa Arab atau sering disebut mufradat.

Di sisi lain, Jatmiko yang juga diberi amanah Wakil Kepala Sekolah bidang Humas  berharap para wali siswa tetap sabar menemani putra-putrinya di rumah.

“Pada ibu-bapak, tetap memotivasi dan menemani proses belajar dengan sabar, termasuk dalam  menyimak ciri khusus mereka di rumah,” tuturnya.

Dalam situasi seperti saat ini, lanjut dia, sinergi dan komunikasi yang lebih intensif antara sekolah dan orangtua diperlukan.

“Apa saja kegiatan yang dilakukan ananda di rumah dapat dilaporkan, kegaiatan agama misalnya salat 5 waktu, tahfiz melanjutkan di buku monitoring, mengaji dan salat Dhuha,”ujar Jatmiko.

Humas, Jatmiko.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025