Rabu, 12 Desember 2018

Solo, SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo setelah selesainya PAS 1 (Penilaian Akhir Sekolah  Semester 1) adakan beberapa kegiatan untuk mengendorkan kepenatan setelah selama dua pecan mengerjakan tes PAS 1.
Rabu (12/12/2018) di halaman sekolah adakah lomba antar kelas yaitu suatu permainan gobak sodor, permainan ini adalah permainan masa lalu yang berawal dari Jawa dan Yogyakarta dan pertama kali adanya permainan ini diawali dari para prajurit untuk berlatih pertahanan dan sekaligus untuk mengisi waktu luang saat itu.
 
Gobak sodor yang dipermainkan di SMP Muhammadiyah 1 Simpon ini dimainkan dua regu dan tiap regu terdiri dari empat pemain yang merupakan perwakilan tiap kelas dan seluruhnya diikuti oleh 24 regu atau 24 kelas, satu regu sebagai penjaga dan satu regu sebagai penyerangnya. Jika penyerang ini bisa melewati penjaga sampai bolak balik maka permainan ini dipastikan penyerang mendapatkan point atau kemenangan, dan jika penjaga dapat menyentuh anggota badan dari penyerang maka perlu pergantian penjaga, dan yang awalnya tadi sebagai penjaga berganti menjadi penyerang.
Sebelum permainan ini dilakukan, tidak semua siswa di SMP Muhammadiyah 1 Simpon mengenal permainan ini sehingga perlu di beri contoh terlebih dahulu dari bapak ibu guru yang saat itu juga mendampingi dan melihat permainan ini.
“Keseruan dalam permainan gobak sodor ini bertujuan selain mengisi waktu setelah PAS juga untuk mengenalkan permainan tradisional masa lalu kepada siswa” kata Hermawan Humas sekaligus Kesiswaan SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo.
Hermawan juga mengharapkan permainan ini bisa menumbuhkan kerjasama, kekompakan tiap regu, dan mempunyai strategi untuk saling memenangkan dalam permainan ini, sekaligus permainan ini juga membutuhkan tenaga dan merupakan bagian dari olah raga supaya tubuh lebih menjadi sehat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025