Sabtu, 27 Oktober 2018

Tujuan pembelajaran IPA yaitu siswa dapat memahami konsep IPA dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar, serta menggunakan metode ilmiah. Sains (IPA) bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta dan konsep, tetapi juga merupakan proses penemuan. Berdasarkan tujuan tersebut, maka hendaknya guru menciptakan pembelajaran yang mengacu pada kehidupan sehari-hari.

Salah satu metode yang sesuai dengan tujuan IPA adalah metode eksperimen atau percobaan. Kegiatan pembelajaran dengan metode eksperimen memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan konsep sendiri melalui observasi. Hal tersebut diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas 4B, Senin (22/10/18). Sejumlah 29 siswa belajar menjadi saintis dengan melakukan praktik penerapan sifat-sifat cahaya dalam keterkaitannya dengan indra penglihatan.

Pembelajaran diawali dengan kegiatan siswa bercermin sehingga mereka melihat bayangannya pada cermin. Selanjutnya, dengan dipandu oleh wali kelas, siswa melakukan beberapa macam eksperimen, yaitu memantulkan sinar senter ke cermin, memasukkan pensil ke dalam gelas berisi air, mengarahkan sinar senter ke gelas kaca yang berlatar belakang benda berwarna putih, serta menyinari beberapa kertas karton yang sudah dilubangi di bagian tengahnya dan diletakkan pada satu garis lurus.

Dewi Susanti, selaku wali kelas 4B menjelaskan tujuan pembelajaran tersebut yaitu agar siswa dapat menerapkan konsep dengan benar serta membuat kesimpulan. “Melalui metode eksperimen ini, diharapkan siswa dapat memahami konsep tentang sifat-sifat cahaya serta dapat membuat kesimpulan dari pengamatan yang dilakukan”, tuturnya.

Penerapan metode eksperimen ini membuat siswa dapat lebih memahami materi pembelajaran serta suasana belajar terasa menyenangkan. “Kami menjadi lebih memahami sifat-sifat cahaya, selain itu dengan bereksperimen seperti ini, pembelajaran terasa lebih menyenangkan”, kata salah seorang siswi kelas 4B.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025