Kamis, 11 Juli 2024

JAKARTA – Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah Sri Sayekti menyampaikan, Pendidikan di abad XXI menempatkan kembali Pendidikan Karakter sebagai ruh atau  demensi terdalam Pendidikan Nasional berdampingan dengan intelektualitas yang dapat dilihat dari pencapaian kompetensi sebagai jantung hati. 

Hal tersebut disampaikan Kepsek SD Muh1 Solo dalam Sharing Implementasi Pendidikan Antikorupsi - Dimensi Ekosistem di Ruang Mini Theatre, Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK Lt. 4, pada Rabu (26/6/2024). 

Menurut Kepsek Sayekti, Pendidikan karakter mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan menyelaraskan berbagai program di sekolah termasuk pendidkan Antikorupsi (PAK) melalui kegiatan di kelas maupun di luar kelas, memadukan kegiatan Intrakurikuler, Projek penguatan profil pelajar Pancasila, Ekstrakurikuler, Budaya sekolah. Namun, upaya itu, kata Sayekti juga perlu dikuatkan dengan peran sekolah terutama di sekolah dasar.

“SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mengembangkan Pendidikan karakter dengan konteks totalitas psikologis, social-kultur meliputi olah hati dengan pengelolaan spiritual dan emosional. Olah piker dengan pengelolaan intelektual. Olah raga dan kinestetik dengan pegelolaan fisik dan olah karsa dan karsa dengan pengelolaan kreativitas,” ujarnya.

Sri Sayekti menyampaikan, Visi dan Misi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yaitu Mewujudkan   lembaga pendidikan Unggul Kompetitif   dengan   sumber daya insani yang bertakwa dan berakhlaq mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehat jasmani dan rohani, berwawasan global dan  peduli lingkungan hidup melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. 

Menurutnya, adanya visi bisa dijabarkan ke dalam misi yaitu menyelenggarakan    kegiatan    pembelajaran    terintegrasi    dengan pendidikan karakter,   berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan budaya lokal. Menguatkan   Profil   Pelajar   Pancasila   melalui   pembiasaan   dan keteladanan. Melaksanakan  kegiatan-kegiatan  sekolah  yang  dapat  menguatkan Profil Pelajar Pancasila. Meningkatkan   kompetensi   teknologi   informasi   dan   komunikasi siswa, tenaga pendidik dan kependidikan. Melaksanakan  kegiatan-kegiatan  projek  untuk  melatih  kemampuan siswa menyelesaikan masalah dalam tema atau isu penting. Melaksanakan  kegiatan  sekolah  yang  dapat  menguatkan  kecintaan terhadap budaya : Seni Karawitan dan Pedalangan, Seni Tari, Seni Rupa dan Membatik.

Melaksanakan pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari dengan sungguh-sungguh. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran      Kesehatan dan mengupayakan terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran lingkungan, mengupayakan pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan atau  kerusakan  lingkungan  hidup,  berpartisipasi  melestarikan  serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Karena itu, Sayekti menegaskan bahwa sekolah yang berdiri sejak 1935 dan saat ini berusia 89 tahun, selalu mengembangkan potensi siswa sesuai bakat dan minatnya dengan pengelompokan  kelas tahfidz, sains dan imptek, olahraga, seni.

 Melaksanakan Pendidikan anti korupsi (PAK).

“Melaksanakan Pendidikan antikorupsi disekolah. Terima kasih telah diundang menjadi pembicara Anti-Corruption Academy (ACA) 2024.  ACA 2024 merupakan program peningkatan kapasitas khusus Kepala Sekolah/Madrasah dan Guru agar dapat melakukan Implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) di sekolah/madrasah masing-masing sesuai dengan Strategi Nasional (Stranas) dan Panduan PAK. ACA 2024 bertema ”Beraksi Membangun Sekolah dan Madrasah Generasi Antikorupsi” mendorong kreativitas para kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan model implementasi PAK guna menghasilkan model implementasi PAK yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan maupun sebagai referensi bagi satuan pendidikan tingkat pendidikan dini, dasar dan menengah lainnya,” jelasnya.

Sayekti menerangkan, Diharapkan model implementasi PAK tersebut dapat memperkaya konten/literatur pendidikan antikorupsi yang dapat dimanfaatkan dalam membangun nilai integritas di dalam proses pembelajaran insersi PAK serta membangun ekosistem satuan pendidikan berintegritas yang juga menjadi bagian penting pembelajaran tidak langsung bagi peserta didik sekolah, lingkungan sekitar sekolah, daerah, hingga seluruh Indonesia. 

“Kepala Sekolah/Madrasah dan Guru sebagai perwakilan satuan pendidikan dipilih melalui proses kurasi data laporan implementasi PAK di Platform jaga.id atau Education Management Information System (EMIS) Kemenag,” ujarnya.

Terkhusus kegiatan Pratik baik PAK di SD Muhammadiyah 1 Solo Kegiatan rutin/Budaya Sekolah/Pembiasaan. Kegiatan  spontan atau kegiatan incidental. Keteladanan. Pengkondisian lingkungan fisik maupun nonfisik. Kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat. Kegiatan Pembelajaran Berdeferensiasi ( Intra kurikuler). Ekstra kurikuler. Ko Kurikuler ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ismubaristik.

“Kegiatan Rutin, Budaya sekolah/Pembiasaan. Penyambutan peserta didik. Salam pagi/embun pagi. One day one surah (Surat pendek Al Quran). Menyanyikan lagu daerah dan kebangsaan. Infaq shodaqoh. Sholat wajib dan sunnah berjamaah. Gerakan Pungut Sampah (GPS). Literasi pagi. Pendidikan Anti Korupsi. Tantangan Mendongeng. Bakti sosial. Peringatan hari besar nasional/agama. Pameran kelas. Unjuk Kebisaan. Entrepreneurship day. Class’ Competition. Kegiatan life skill dengan cara mengambil dan menyimpan buku, mengucapkan salam, cara berbicara yang santun. Cara makan dan minum. Cara berjalan dihadapan orang yang lebih  tua,” pungkasnya.

Kontributor Jatmiko.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi



Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023
>> BADAN HUKUM MUHAMMADIYAH PART 1
>> BADAN HUKUM MUHAMMADIYAH PART 2

Pengunjung

Flag Counter