Rabu, 21 Juni 2023

2,5 tahun setelah pandemi tanpa ada kegiatan tatap muka. ini kali bertama SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ber study tour ke Bali, ini adalah program kegiatan peserta didik di kelas XI yang diadakan di akhir semester genap. Dibawah pengawasan Kepala Sekolah Dr. Rahayuningsihh, S. Pd, M. Pd, dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Suratman, S. Pd.I. Study tour berangkat dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pukul 10.30 Wib. Dengan kerjasama oleh agen travel biro Elsa tour dan menggandeng Po. Bimo. (14-18 Juni 2023)

Tahun ini memberangkatkan 2 bus dengan peserta 89 peserta didik dan didampingi 2 guru pendamping di setiap bus nya. Bus 1 didampingi oleh Triyanta Wahyu Nugraha, S.Sn dan  Citra Dwi Sekarningtyas, S.Pd. Sedangkan bus 2 didampingi oleh Suratman, S.Pd.I. dan Ayu Perdanasari, M.Pd. Perjalanan lancar sampai penyebrangan Pelabuhan Ketapang, pelayanan yg disediakan oleh biro travel sangat baik, dari makanan maupun fasilitas bus dan hotelnya. Kami menyebrang menggunakan kapal ferry dan sampai Gilimanuk menuju transit di rm. Kenanga, para peserta didik untuk istirahat sholat dan makan. Semua sangat menikmati perjalanan menuju ke Bali karena mereka juga merasakan study tour baru kali ini setelah sekian lama tidak bisa bepergian karena pandemi. 

Dihari pertama kunjungan ke salah satu danau buatan dan menjadi icon nya pulau Bali yaitu Bedugul, peserta didik mendapatkan berbagai ilmu dan manfaat serta dapat ber rekreasi dengan senang hati si destinasi wisata tersebut. Selain ditemani biro tour kami juga di temani oleh gaet wisata asli dari Bali bli Wayan dan bli Putu namanya ia melayani dengan sangat baik dalam menjelaskan tentang wisata, adat dan budaya di Bali. Peserta didik mengakui banyak hal yang didapatkan di bali karena banyak pengetahuan dan ilmu yang didapat di bali, baik budaya, adat, sejarah dan wisata yang ada di bali. Setelah dari bedugul langsung menuju ke wisata Joger, peserta didik diajak untuk mengetahui hasil kerajinan, prodak umkm yang ada di bali dan mereka juga berbelanja di Joger. Untuk tidak terlewatkan sun set maka kami pun setelah dari Joger menuju ke pantai Kuta, yang menjadi icon pantai di pulau Bali. Disana mereka terlihat senang sekali dan merefresh dengan menikmati ombak pantai dan menunggu sun set yang dapat di lihat dari pantai kute dengan dramatisnya dan indahnya pelan pelan sang matahari dipelukan  pantai Kuta. Begitu indah.....

Perjalanan kami lanjutkan ke Hotel Quest Bali salah satu hotel bintang 4 di Bali. Dimalam hari kegiatan free, berbagai aktifitas dilakukan oleh peserta didik, mulai dari canda tawa bercerita pengalaman seharian ada juga yg menikmati minuman di angkringan yang ada didepan hotel. "Kami sangat lelah hari ini namun kami juga sangat senang sekali jadi terbayar sudah lelah di hari pertama ini" Ujar salah satu peserta didik. 

Hari berganti peserta didik pun semangat  untuk menjelajah destinasi wisata di Bali. Hari kedua wisata menuju Cening Bagus dan tari Barong, alhmdulillah berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal. Peserta disik menikmati tari barong yang dilakukan oleh Seniman Bali. Tari barong disebut juga salah satu tari sakral yang di tampilkan di waktu tertentu. Kami juga berkesempatan untuk berfoto dengan para penari penari barong tersebut, "Sambil berterik SMA MUHI smart n religious" Peserta didik sangat senang dengan pengalaman ini. Dihari ke2 sini kebetulan pas dihari Jumat, sebagai kaum Muslim selain selalu melaksanakan sholat wajib di sela sela perjalan kami, hari ini kami mendirikan sholat jumat di mushola yang disediakan oleh pihak wisata, sholat jumat ini dipimpin oleh Bp. Suratman, S. PdI. Perjalanan berikutnya dilanjutjan di GWK pantung garuda Wisnu tertinggi no 2 di dunia. Sesampai di GWK peserta didik langsung semangat menuju ke patung yang dijadikan icon Bali juga. Mereka senang sekali karena dapat melihat patung tertinggi dan dapat berfoto foto serta dapat mengetahuan yang dijelaskan oleh gaet bli Wayan. Lagi lagi lelah mereka terbayar oleh pengalam dan kemegahan patung GWK tersebut. Untuk terkhir di sore hari kita lanjutan ke pantai Pandawa, memang sangat enak dan indah sekali ketika kita berkunjung dipantai pada sore hari. Ada yang naik sampan, ada yang berfoto2, buat vlog dan lain lain. Selesai sudah di hari ke 2 kembali lagi istirahat menuju hotel. 

Hari ke 3, setelah makan pagi yang disediakan oleh pihat hotel peserta didik langsung cek out dan melanjutkan perjalan ke destinasi wisata terakhir sebelum kembali ke Solo. Ujar peserta didik, "setiap kali makan, makananya terasa enak ya dan pelayanan ya juga bagus" Alhamdulillah mereka merasa senang. Perjalan lanjut ke tanah lot, alhamdulillah lancar sampai di tanah lot, disetiap destinasi kita sempatkan untuk foto bersama sama, sehabis foto peserta didik langsung ke tempat wisata. Berbagai kegiatan yang mereka lakukan, intinya kami sebagai pendamping melihat mereka senang sekali. Tibalah kami melanjutkan perjalan pulang kembali ke Solo. Setelah berhari hari berwisata di Bali dengan pelayanan gaet dan fasilitas yang baik. Kami pun merasa senang dapat berkunjung di Pulau Bali. "Sampai jumpa Bali dengan segala budayamu di lain waktu dengan". 

Alhamdulillah perjalanan begitu lancar tiba sampai SMA Muhammadiyah 1 Surakarta lebih awal dari jadwal. Dan orangtua peserta didik sudah siap menjemput putra putrinya. Semoga dengan program study tour ini dapat menambah kepercayaan, kesenangan masyarakat umum kepada SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dan diprogram berikutnya semoga akan lebih baik. Aamiin

SMA MUHISKA smart n religious.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter