Minggu, 16 April 2023

Di Bulan Ramadhan ada satu waktu istimewa yaitu malam dimana Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup manusia ini juga termasuk sebagai mukjizat terbesar Rasulullah. Al-Qur’an merupakan kalamullah yang tidak ada rasa kebosanan untuk kita dengarkan bacaannya, bahkan ada pahala melimpah bagi pembacanya, terlebih pada saat bulan Ramadhan. Selain itu, dengan membaca al-Qur’an berarrti kita telah memenuhi salah satu hak al-Qur’an. Jadi sudah sewajarnya jika di bulan penuh berkah ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa mengkhatamkan bacaan al-Qur’annya.

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, melalui Waka bidang Humas Al Islam juga mempunyai pogram kegiatan Khotmil Qur’an. Namun ada yang berbeda di bulan ramadhan ini, kalau biasanya setiap guru dan karyawan menyelesaikan bacaan 1 juz dalam waktu 1 pekan, maka saat bulan ramadhan kita programkan agar satu hari bisa menyelesaikan satu juz, tutur Willys Sari Listiyani, M.Pd selaku waka bidang Humas al-Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat fastabiqul khairat di kalangan guru dan karyawan, imbuhnya.

Hari ini, Jum’at 14 April 2023 seluruh guru dan karyawan mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an. Kegiatan dilaksanakan di mushola putri SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Kegiatan dipandu oleh Ustadz Achmad Thoha, S.Ag selaku pembawa acara. Kegiatan dimulai dengan membaca basmallah dan ummul kitab secara bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Ustadz Farhan Qodriyanto, S.Pd.I. Kegiatan dimulai dengan membaca al-Qur’an bersama dimulai dari QS At Takatsur sampai QS An Nas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa Khotmil Qur’an.

Setelah selesai doa khotmil Qur’an, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian ramadhan yang diisi oleh ustadz Suratman, S.PdI. Dalam materinya, Ustadz Suratman, S.Pd.I menyampaikan materi tentang keutamaan membaca al-Qur’an di bulan Ramadhan. Ustadz Suratman, S.Pd.I menyampaikan bahwa Membaca Alquran dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai manusia yang soleh. Seperti hadits riwayat dari Tirmidzi bahwa : “Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.” Beliau juga menambahkan bahwa membaca Alquran dapat membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati dan dihargai banyak orang.

Kegiatan khotmil Qur’an yang merupakan program sekolah ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kecintaan warga sekolah terhadap al-Qur’an. Salah satu bentuk kecintaan itu bisa diwujudkan dengan cara rajin membacanya. Setelah membaca nanti bisa ditingkatkan dengan mentadzaburi isinya, dan puncaknya adalah dengan kita mengamalkan isinya. semoga dengan adanya program ini dapat menambah wawasan keislaman untuk seluruh guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Dalam Tausiahnya juga, Ustadz Suratman, S.Pd.I menyampaikan bahwa orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an dinilai sebagai orang terbaik disisi Allah SWT. Orang yang ahli Al-Qur’an kelak di akherat akan masuk surga bersama hamba Allah SWT yang dimuliakan seperti para malaikat, para Rasul dan Nabi, para Sahabat Rasululloh para syahidin ulama dan orang-orang yang sholih. Cahaya yang akan menerangi perjalanan hidup seorang hamba dan menuntunnya menuju keselamatan adalah cahaya Al-Qur’an dan cahaya Iman. Merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an merupakan pintu gerbang hidayah bagi kaum beriman.

Kegiatan Khotmil Qur’an dan kajian ramadhan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta hari ini Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar, aman dan penuh hikmah. Seluruh guru dan karyawan yang hadir mengikuti kegiatan terlihat turut hanyut dalam mengaminkan doa khotmil Qur’an dan mendengarkan materi pengajian yang disampaikan. Semuanya nampak sangat khusyuk mengikuti kegiatan khotmil Qur’an dan kajian ramadhan hari ini. Semoga ke depannya kegiatan seperti ini terus dapat berjalan dengan harapan agar al-Qur’an benar-benar membumi di lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Aamiin

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter