Minggu, 19 Maret 2023

Kelas program khusus tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Surakarta hari ini Senin 6 Maret 2023 menggelar ujian terbuka tahfidz al-Qur’an. Sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sekolah, penilaian tahfidz hari ini terdiri dari 5 juz yaitu juz 26, 27, 28, 29, dan 30. Seluruh peserta didik di kelas program tahfidz mengikuti ujian hari ini. Ujian terbuka tahfidz tahun ini dilaksanakan di mushola sekolah. Gelaran yang akan dilaksanakan rutin tiap tahun ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII yang mengikuti program khusus kelas tahfidz.

Di hadapan para penguji dan hadirin yang ada, sseluruh peserta didik tak satu pun memegang mushaf Al-Qur’an di tangan, mereka diuji oleh dewan asatidz yang akan menilai hafalan 5 juz yang telah mereka dapatkan selama belajar di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Peserta didik melafadzkan hafalan mulai dari juz 26 sampai juz 30 tanpa melihat mushaf. Suasana tegang nan syahdu kerapkali mewarnai event yang berlangsung sejak jam 7 pagi hingga Dhuhur ini. Peserta didik yang akan diuji tampak semangat dan berharap semuanya dapat berjalan lancar. Salah satu peserta didik yang mengikuti ujian, Nasywa Putri Saichah, menyampaikan bahwa dia sudah mempersiapkan ujian ini jauh-jauh hari. Dia juga sempat murojaah dengan orangtuanya, dan berlatih dengan mentasmi’ hafalannya di hadapan seluruh keluarganya. Dia juga berharap, kelancarannya saat hafalan diu rumah juga akan dia rasakan saat ujian ini.

Setelah proses ujian yang menegangkan ini, kemudian berubah menjadi cair dan ceria setelah mereka mampu menyelesaikan seluruh hafalan (5 juz) itu dengan lancar. Pekikan takbir pun membahana, menambah hangat suasana. Seluruh hadirin yang ada di ruangan tersenyum bahagia menyaksikan para peserta didik dapat menyelesaikan ujian terbukanya dengan lancar. Ada rasa haru yang terlihat di wajah para hadirin.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd mengemukakan, bahwa seluruh peserta didik yang mengikuti ujian hari ini sebelumnya sudah melaksanakan pra ujian di hadapan guru pendamping, dan semuanya sudah menyelesaikan hafalan mereka dengan lancar. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program khusus yang akan dilaksanakan di setiap tahunnya, baik untuk peserta didik kelas X, XI maupun XII yang masuk di kelas PK Tahfidz. Target hafalan yang harus dicapai peserta didik di program khusus ini adalah 5 juz, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga peserta didik yang mampu melampaui target sekolah. Dan tetap di fasilitasi oleh guru pendamping. Meskipun nantinya saat ujian hanya 5 juz saja yang masuk penilaian.

“Dalam ujian terbuka ini, Peserta didik yang hafalan Al-Qur’annya di atas 5 juz, mentasmi’kan 5 juz hafalannya dengan sekali duduk di hadapan penguji dan hadirin yang menyaksikan. Sedangkan peserta didik yang menyelesaikan di batas target yaitu 5 juz, hanya mentasmi’kan 2 juz sekali duduk. Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui akun media sosial resmi milik sekolah dengan harapan kegiatan in

i dapat memberikan motivasi kepada adik tingkat khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mencintai al-Qur’an dengan menghafalkannya,” ujarnya.

Ustadz Farhan,  demikian sapaan akrabnya, selaku guru pendamping dan penanggung jawab program yang sekaligus juga sebagai wali kelas dari program khusus Tahfidz ini menambahkan, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) peserta didik kelas Program khusus Tahfidz ini ada dua, Yakni bagus tilawahnya dan mutqin hafalannya. Selama 3 tahun belajar di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, peserta didik di kelas program tahfidz ini selain mendapatkan ilmu umum yakni ilmu tentang Matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) sebagai mata pelajaran wajib di jurusan mereka, harapannya mereka juga akan mendapatkan pendampingan tentang tilawah yang baik dan hafalan yang mutqin. Sehingga pada akhirnya, saat mereka lulus sekolah bisa mempunyai modal hafalan minimal 5 juz dengan bagus kualitas tilawahnya dan juga mutqin hafalannya serta ilmu umum yang bermanfaat dan menunjang mereka untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Hal ini sesuai dengan visi sekolah yaitu Mewujudkan insan islami, mandiri, berakhlakul karimah dan berwawasan global.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi



Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023
>> BADAN HUKUM MUHAMMADIYAH PART 1
>> BADAN HUKUM MUHAMMADIYAH PART 2

Pengunjung

Flag Counter