Kamis, 16 Februari 2023

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar Sosilisasi Transpotasi Batik Solo Trans (7-8 Februari 2023). Kegiatan Sosilisasi Transpotasi Batik Solo Trans diikuti oleh 146 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan Departemen Perhubungan Kota Surakarta. Rombongan dari Departemen Perhubungan kota Surakarta, diketuai Bapak Yulianto Nugroho, A.Md. LLAJ., SE.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih S.Pd., M.Pd., mengucapkan selamat datang dan terima kasih telah hadir di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta untuk menyampaikan program kota Surakarta untuk Gerakan Kembali ke Angkutan Umum. 

Menurut Yulianto Nugroho, A.Md. LLAJ., SE., bahwa ”Kegiatan ini bertujuan untuk mengadakan gerakan kembali ke angkutan umum. Adapun tujuan utama kegiatan Sosilisasi Transpotasi Batik Solo Trans adalah untuk menekan kepadatan lalu lintas, dan untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.” 


Tingginya kecelakaan di jalan raya yang banyak dialami oleh remaja usia sekolah atau usia di bawah tujuh belas tahun. Kecelakaan disebabkan oleh banyaknya para pelajar yang nekat mengendarai sepeda motor untuk pergi ke sekolah tetapi mereka belum mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM). Bukan hanya belum mempunyai SIM, tetapi terkadang mereka berkendara tanpa mengenakan perlengkapan berkendara dengan benar.  Misalnya, mengenakan helm tetapi bukan helm standart SNI. Melepas kaca spion, melepas plat nomor kendaraan, atau mengubah onderdil yang standar pabrik diganti dengan barang yang mereka sukai dan tidak ada standardisasinya.

Mengingat pentingnya kegiatan ini maka pemerintah membuat Gerakan  nasional kembali ke angkutan umum. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi di berbagai wilayah, termasuk wilayah kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta telah dipersiapkan angkutan umum yang berupa bis dan angkot dengan nama Batik Solo Trans (BST), dengan semboyan Aman, Nyaman, Cepat, Tepat, Selamat, Tarif  Terjangkau.

Batik Solo Trans memberikan sosialisasi ke sekolah, khususnya ke SMA Muh.I Surakarta dengan harapan agar para siswa mengetahui bagaimana banyaknya fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh BST sehingga para siswa yang selama ini masih mengandalkan keberadaan motor di rumah, atau masih diantar jemput saat ke sekolah, mereka bisa beralih ke angkutan umum. Selain menekan jumlah pengeluaran dari orang tua, tetapi juga dijamin keselamatannya, serta tidak akan datang terlambat sampai di sekolah. Tentu saja hal tersebut juga ikut menyukseskan program pemerintah.

Peserta didik dijamin tidak terlambat karena jumlah armada yang dipunyai oleh BST sejumlah 116 bis. Bis mulai beroperasi pukul 04.30 dan berakhir pukul 20.00.  Frekuensi atau jarak kedatangan bus satu dengan bis yang lain dalam satu koridor yang sama yaitu  tujuh  menit jika suasana sedang ramai, tetapi jika tidak sedang ramai maka jarak keberangkatan itu setiap 10 menit sekali. Fasilitas yang ada dalam BST sangat lengkap antara lain : kursi prioritas difabel, full AC, APAR/ Alat Pemadam Api Ringan, tempat sampah, CCTV, rak sepeda, pemecah kaca, dan menggunakan alat pembayaran non tunai.

Naik BST tentu saja nyaman karena pengoperasiannya dipantau langsung melalui control room,  yaitu ruang control dari pusat ke setiap bus  sehingga kantor pusat  bisa   memantau dan mengawasi penumpang, memantau kecepatan bis, serta mengawasi jika sewaktu-waktu  terjadi kerusakan di jalan. Selain itu, pramudi atau supir BST juga tidak diperkenankan merokok, makan, atau minum seenaknya. Semua  pramudi diwajibkan mengenakan seragam yang sudah ditentukan. Tambahan lagi, jika pramudi melanggar aturan misal tidak berhenti pada halte atau ngetem di sembarang tempat, maka pramudi tsb akan dikenai denda sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Adapun tata cara naik BST sangat mudah. Naiklah melalui pintu depan, karena dekat pintu tersebut terdapat sensor jumlah penumpang yang naik dan yang turun. Tap kartu pada perangkat Reader yang terletak di pintu depan dekat dengan pengemudi. Pilihlah tempat duduk yang masih kosong. Turunlah di halte melalui pintu tengah. 

Kemudahan lain jika ingin naik BST adalah dengan mendownload  aplikasi Teman Bus. Melalui aplikasi tersebut kita bisa mengecek posisi bus, nama halte, dan stop point di aplikasi. Perjalanan lebih pasti karena tahu rute, halte, dan jadwal keberangkatan, dan tarifnya juga sangat ekonomis.

Selain BST, Pemerintah Kota Surakarta juga telah menyiapkan freeder  (angkutan pengumpan yang bertugas mengumpulkan penumpang untuk disalurkan khusus ke angkutan trayek tertentu) atau yang biasa disebut dengan angkot. Tata cara pengoperasian angkot dan fasilitasnya sama persis dengan BST. Keunggulan freeder ini antara lain: terintegrasi dengan TEMAN BUS, tidak perlu khawatir ngetam karena hanya boleh berhenti 20 detik per Stop Point, waktu tunggu maksimal sepuluh menit, rute dan titik pemberhentian bisa dicek di aplikasi Teman Bus, ber-AC, terintegritas dan teratur.

Dalam kegiatan ini setiap peserta didik mendapat buku Batik Solo Trans dan kartu barcode untuk naik BST. Semoga kegiatan ini dapat memberi kebarokahan untuk semuanya.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi



Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter