Rabu, 09 Maret 2022

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar Fokus Group Discusion (FGD), Selasa, 8 Maret 2022. Kegiatan dengan tema Pengelolaan Sumber Belajar dan Pemilihan Mata Pelajaran Kelas XI. Kegiatan diikuti oleh koordinator Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) dan tim kurikulum serta jajaran pimpinan sekolah FGD dimulai pukul 12.30 dengan susunan acara pembukaan, doa, sambutan kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Materi 1, Materi 2, diskusi dan penutup.

Diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, Farhan Qodriyanto, S.Pd.I. dilanjutkan doa oleh Suratman, S.Pd.I. Sambutan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,M.Pd., berujar bahwa MGMPS perlu diperdayakan secara maksimal karena ujung tombak sekolah dalam pembelajaran adalah MGMPS.

Materi 1 diisi oleh Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,M.Pd., membahas: a. Pentingnya pengolahan sumber belajar, b. Setiap guru wajib mengelola sumber belajar dengan menggunakan media tertentu missal Google Drive, Google Classroom, Google Sites dan lain-lain. Pengelolaan sumber belajar merupakan sebuah cara untuk menata sebuah bahan ajar sehingga dapat di sampaikan dengan mudah oleh pendidik kepada peserta didik. Bila sumber belajar dikelola dengan baik, maka dengan mudah bisa dimanfaatkan kapan saja bila dibutuhkan dan bisa dibagi kepada guru lain yang membutuhkan, c. Pengelolaan permasalahan siswa dikelas, Permasalah di kelas dicatat misalnya kehadiran terlambat, materi tidak paham, dan sebagainya untuk selanjutnya dicari solusinya. Dari Jurnal disimpulkan untuk membuat langkah selanjutnya. Perencanaan di kelas merupakan suatu siklus yang menghubungkan analisis akar masalah dengan pelaksanaan program penyelesaian dengan langkah; analisis, akar masalah, perencanaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi.

Dilanjutkan diskusi yang diikuti oleh seluruh peserta untuk menyampaikan permasalahan yang berhubungan dengan masing-masing MGMPS. Pernyataan pertama perwakilan dari MGMPS PAI, Farhan Qodriyanto, S.Pd.I. secara umum kurangnya ketertarikan siswa karena takut dengan huruf Arab. Solusi dengan analisis diagnotik non kognitif yang hasil analisis dipakai untuk memberikan perlakuan yang berbeda pada setiap anak.

Pernyataan kedua dari MGMP Seni Budaya, Triyanta Wahyu Nugroho, S.Sn., bahwa 90% siswa menyukai pelajaran praktek maka dalam pembelajaran kami khususnya seni budaya memang dominan pada praktek dengan strategi mengajak peserta didik untuk membuat kelas yang menyenangkan dan kreatif, siswa diberi kelonggaran model duduknya, di beri kebebaaan dalam media utk referensi berkarya, dan lain lain.. Sehingga siswa merasa nyaman dalam mengerjakan tugasnya. 

Beberapa tugas yang harus diselesaikan guru meliputi pembuatan Program Kerja berdasar data yang ada dan pengelolaan berbasis data. Realisasinya semua guru membuat buku Pedoman Guru karena dengan Menyusun buku pedoman , maka guru akan lebih terarah dalam melaksanakan tupoksinya dan dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Materi kedua disampaikan oleh Iwan Wuriyanto, S.S. selalu wakil kepala sekolah bidang kurikulum menyampaikan bahwa dalam sekolah penggerak untuk peserta didik kelas XI memberi kebebasan siswa dapat mengambil mata pelajaran sesuai pilihan peserta didik, tentunya harus memikirkan semua elemen yg ada baik itu kepentingan siswa, guru dan sekolah. Dan harus ada kolaborasi, kurikulum, BK serta orangtua siswa. Ada mata pelajaran wajib yang harus diikuti semua siswa. 

Mata pelajaran umum: PAI, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Sejarah, Bahasa Inggris, Penjas, Seni Budaya Mata pelajaran pilihan: Rumpun MIPA , rumpung IPS dan rumpung Bahasa. Selajutnya paparan Rancangan Kurikulum yang membahas tidak ada program penjurusan untuk kelas X dan XI. Peserta didik memilih mata pelajaran sesuai dengan bidang yang mereka cita-citakan. Dalam pemilihan mata pelajaran harus sesuai dengan bakat minat dan cita-cita dari peserta didik.

Isian dari BK, Inmas Indratama, S.Pd., menyampaikan bahwa dalam kurikulum merdeka bermakna memberikan kesempatan belajar secara bebas dan nyaman kepada siswa untuk belajar dengan tenang, santai dan gembira tanpa stres dan tekanan dengan memperhatikan bakat alami yang mereka punyai, tanpa memaksa mereka mempelajari atau menguasai suatu bidang pengetahuan di luar hobi dan kemampuan mereka. Dengan demikian masing-masing mereka tumbuh dan berkembang sesuai potensi dan kemampuannya. dalam hal ini, peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai potensi dan kemampuan mereka.  Adapun strategi pemilihan mata pelajaran harus sesuai dengan minat/bakat, cita cita, pilihan prodi, pilihan profesi, dengan cara menyebarkan angket pemetaan minat bakat kepada peserta disik sehingga akan dapat mengetahui profesi kedepannya. 

Pukul 15.00 kegiatan FGD Pengelolaan Sumber Belajar diakhiri. Semoga semua peserta dapat memanfaatkan sumber belajar dengan maksimal lewat memberdayaan MGMPS.

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Posting Populer

SMP MULISKA

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025