Jumat, 20 Agustus 2021

SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menerima kunjungan studi banding dari SD Muhammadiyah Palur Program Khusus (PK), Mojolaban, Sukoharjo, Kamis (19/8/2021).

Seperti diungkapkan oleh Kepala SD Muhammadiyah Palur PK, Supadi, bahwa kunjungan tersebut dalam rangka berbagi pengalaman terkait persiapan Asesmen Nasional (AN).

Dalam kunjungan tersebut, Supadi didampingi oleh Waka Kurikulum, Nur Laili, Waka Sarana dan Prasarana, Ari Kuncoro, serta perwakilan guru kelas IV dan V.

Waka Kurikulum SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Esti Ambarwati, menyambut baik kunjungan silaturahim dari SD Muhammadiyah Palur PK. Menyambut kunjungan tersebut, ia didampingi oleh Waka Kesiswaan dan Humas, Muhamad Arifin, Waka Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Atit Nur Ariyanna, serta Waka Sarana dan Prasarana, Andi Arfianto.

"Kami selalu gembira setiap kali menerima kunjungan dari sekolah lain, ini menunjukkan jalinan silaturahim yang erat untuk saling belajar dan menginspirasi demi meraih kejayaan bersama-sama" ungkap Ambar.

Lebih lanjut Ambar menyampaikan tentang kebijakan Asesmen Nasional yang mulai tahun ini digulirkan oleh Kemendikbud Ristek. Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa Asesmen Nasional (AN) merupakan kebijakan Kemendikbud Ristek yang bertujuan untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. 

"Asesmen nasional ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar," beber Ambar.

AKM dirancang untuk mengukur pencapaian belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi. Sementara survei karakter dirancang untuk mengukur pencapaian murid dari segi belajar sosial emosional yang akan menghasilkan Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan Survei lingkungan belajar dirancang untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Terkait kesiapan menghadapi AN yang rencananya digelar pada bulan November 2021, sambungnya, sekolahnya sudah melakukan langkah-langkah persiapan, meliputi workshop sosialisasi AN menghadirkan pejabat Kemendikbud dan Dinas Pendidikan Kota Surakarta, penyusunan modul AN oleh tim guru,  validasi modul, serta uji coba AN untuk siswa kelas V.

"Sekolah kami sudah berupaya menyusun modul AN secara mandiri di semua level, yaitu level 1 untuk kelas 1 dan 2, level 2 untuk kelas 3 dan 4, level 3 untuk kelas 5 dan 6," kata Ambar.

Sedangkan menurut Andi Arfianto, Waka Sarana dan Prasarana sekaligus koordinator AN SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, menambahkan bahwa pengenalan dan pembiasaan AN akan dilakukan sejak kelas I. Hal ini dilakukan melalui pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan keterampilan literasi dan numerasi berbasis pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) serta berbasis karakter profil pelajar Pancasila.

"Asesmen Nasional merupakan kebijakan baru, jadi kita semua masih meraba-raba, tetapi prinsipnya, sekolah berupaya memberikan bekal kepada siswa terutama dari sisi teknis pelaksanaannya karena dilakukan secara daring," ujar Andi.

Ke depan, imbuhnya, meskipun Asesmen Nasional ini hanya diikuti oleh tiga puluh siswa kelas V yang dirilis Kemendikbud Ristek secara acak, tetapi akan menentukan mutu sekolah secara kelembagaan. 

"Untuk jangka panjang, langkah strategis yang harus dilakukan sekolah adalah membangun iklim akademik, terutama dalam proses belajar mengajar yang mengarahkan anak berpikir kritis, memiliki keterampilan literasi, numerasi, serta karakter yang kokoh, karena semua itu tidak bisa dilakukan secara instan," imbuhnya.

Di akhir kunjungan, Waka Kurikulum SD Muhammadiyah Palur PK, Nur Laili mengaku mendapatkan banyak informasi berharga terkait Asesmen Nasional.

"Silaturahim ini memacu semangat kami untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, yang imbasnya pada suksesnya Asesmen Nasional," pungkas Laili.

Muhamad Arifin/ Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta 081329718196

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Posting Populer

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2020
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP,MTs
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas
>> Form Input PTK GTK Cabdin

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025