Kamis, 11 Juni 2020

 Keterangan gambar: Tangkapan layar video tutorial Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo yang diunggah ke channel Youtube sekolah.

Sebagai antisipasi menghadapi kenormalan baru di dunia pendidikan, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo menyusun video tutorial protokol kesehatan sekolah, Kamis (11/6/2020). Video ini merupakan upaya sekolah untuk menyosialisasikan buku Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan yang sebelumnya telah disusun oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo. Buku SOP tersebut rencananya akan dibagikan kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.
Video berdurasi empat menit ini menayangkan tutorial prosedur saat peserta didik akan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah, menuju kelas, saat proses belajar mengajar, ke toilet, ketika sakit dalam proses pembelajaran, sampai pulang kembali ke rumah. Pengerjaan video dilakukan oleh tim humas sekolah dengan melibatkan pendidik, tenaga kependidikan, serta peserta didik.

Widardiyanto Kurnia Fachruddin, staf humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo menerangkan bahwa ide pembuatan video tutorial muncul saat rapat internal divisi humas setelah gugus tugas sekolah selesai menyusun buku SOP Protokol Kesehatan. “Kami berharap melalui penterjemahan buku SOP ke dalam bentuk video ini akan memudahkan peserta didik dan keluarganya memahami prosedur saat nantinya diberlakukan kenormalan baru di sekolah,” ujarnya.
 Ia menambahkan bahwa nantinya video tersebut akan disosialisasikan melalui akun resmi media sosial sekolah, yaitu Website: www.sdmuhpksolo.com, Instagram: @sdmuhammadiyahpk, halaman Facebook: SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, dan channel Youtube: SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Selain untuk panduan internal sekolah, video tersebut bisa diakses secara luas oleh masyarakat dan bisa menjadi bahan referensi dalam menghadapi kenormalan baru di sekolah. “Video tutorial sudah disesuaikan dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Surakarta,” jelasnya.

Meskipun belum ada kepastian informasi terkait pengoperasian kembali sekolah, tetapi SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo sudah menyusun berbagai skenario kenormalan baru termasuk desain pembelajaran. “Pembuatan video ini merupakan respon cepat sekolah dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat,” pungkasnya.
Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Covid-19 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo telah selesai menyusun buku Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan dalam menghadapi kenormalan baru. Penyusunan SOP ini merujuk kepada surat edaran Dinas Pendidikan Kota Surakarta dan beberapa referensi dari internal Muhammadiyah.

Andi Arfianto, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 menyatakan bahwa sekolah akan memperkuat fungsi UKS sebagai garda depan pencegahan Covid-19 melalui sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada semua warga sekolah. “Kami ditugaskan oleh sekolah untuk menyiapkan segala sarana, prasarana, serta berbagai skenario terkait pencegahan Covid-19 apabila sekolah akan dioperasionalkan kembali,” ungkapnya.

Muhamad Arifin/Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo
081329718196
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025