Sabtu, 01 Februari 2020

SOLO - Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta terus berusaha konsisten melakukan terobosan-terobosan  dalam proses pelayanan umat dan masyarakat di era kekinian.
Salah satu diantaranya gelar ujian irama Nahawand.

"Salah satu kegiatan pelayanan di bidang agama adalah program Tahsin yang menjadi salah satu produk ciri khusus dan produk unggulan bagi Pendidik Al Islam, Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab (ISMUBA),"ujar Humas Tahsin Perguruan Muhammadiyah di Pusdiklat Dharmo Tjahjono.
Ia menambahkan, untuk mengukur keberhasilan program tersebut, telah terbentuk tim penguji yang terdiri dari tim 14 dan 5, di antara nama tim penguji ada ustaz Abdul Hakam, Sogi, Salim, Asni Fauziyah, Fitriawati M, dan Achmad Sudibyo.

Materi penilaian meliputi makhroj, ahkamul huruf, muruatul ayat, mad wal qashar, penyusunan pola, dan irama.

"Fokus utama ujian irama murattal Nahawand juz 30. Tujuan kegiatan ini  memotivasi pendidik untuk membumikan Al Qur'an,"ujarnya.
Peserta yang diuji sebanyak 120. Mereka berasal dari guru ISMUBA  yang tersebar dari SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang berjumlah 43.

"Al hamdulillah, gelombang pertama diikuti 30 peserta berjalan lancar. sesi pertama di mulai pukul 07.30 -08.45 dan sesi kedua 09.00-10.15 WIB,"imbuhnya.

Sri Sartini yang telah mengabdi mengabdi 14 tahun di SMP Muhammadiyah 1 Simpon mengaku senang dan bahagia adanya program tersebut.

"Senang, ada wadah tahsin yang pada awalnya tidak bisa tahsin Al Qur'an, jadi tahu walaupun hanya sedikit, diusahakan penguasaan makharijul huruf ditambah sebagai modal tahsin atau memperbagus bacaan Kalamullah,"pungkas perempuan berkerudung yang berumur 42 tahun.

Pegiat Literasi, Jatmiko.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025