Minggu, 28 Juli 2019

SOLO – Tiga siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo mengikuti Temu Dalang Bocah Nusantara, merupakan agenda rutin setiap dua tahun sekali, diprakarsai oleh Yayasan Padepokan Seni Sarotama sejak tahun 2005.
 
Tahun 2019 penyelenggaraan Temu Dalang Bocah Nusantara ke-8, diikuti sebanyak 135 peserta dalang bocah dari 31 kota. Kegiatan ini merupakan wadah unjuk potensi maupun keterampilan bagi dalang bocah se-Nusantara tanpa adanya persaingan atau kompetisi. Acara tersebut digelar sejak, (27/7)-(2/8), bertempat di Pendapa Ageng Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta.   
“Al hamdulillah adanya TDBN yang ke-8 mampu memupuk darah seni bagi anak-anak kekinian untuk mencintai seni tradisi Indonesia sejak dini, tadi dari sekolah ada Imam Priyanto Pelaksana Tugas Harian Kepala Sekolah, Agung Sudarwanto, dan Yudi Suppriyadi,” Kata Jatmiko, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas usai menghadiri dan nonton bareng, Sabtu Malam (27/7/2019).  
Dia berharap, sepuluh atau lima belas tahun lagi anak-anak ada yang menjadi dalang profesional yang melek teknologi, Penonton selalu memberi tepuk tangan setiap kali mereka selesai mendalang.  ”3 Siswa yang ikut sanggar padepokan Seni Sarotama, yaitu Muhammad Azkhavin Rizky Wiratama putra Wahyu Setyo Utomo membawakan lakon Anoman Duta, Gibran Maheswara Javas Setyawan putra Agus Setyawan lakon Puput Puser dan Brama Kesawa putra Cahyo Kuntadi lakon Sang Anoman, semoga kelak beradaptasi dengan teknologi agar masyarakat Indonesia mendapat akses seluas-luasnya pagelaran wayang,” sambungnya.
Sementara itu, Agung Sudarwanto, S.Sn., M.Sn, Anggota Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Solo. “Pagelaran wayang kulit, seperti ini sebagai ajang silaturahmi dan pendadaran para dalang untuk menujukkan kemampuan baik dari sisi karakter dan kepecayaan dirinya di depan publik. Kami mendukung karena sebagai upaya untuk mengangkat dan menghidupkan seni tradisonal, di harapkan akan abadi dan lestarinya kesenian wayang terutama wayang kulit,” ujar Agung.

Humas Jatmiko
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025