Sabtu, 06 Oktober 2018

Kelas V SD merupakan masa transisi bagi anak-anak menuju masa remaja. Pada masa tersebut, problematika yang dihadapi anak-anak bukan lagi sekedar pendampingan belajar oleh orang tua. Namun, ada hal-hal baru yang akan dihadapi anak-anak dan harus diantisipasi oleh orang tua, salah satunya adalah masa pubertas.

Memasuki masa pubertas, orang tua dan lingkungan harus menjadi daya dukung  bagi anak supaya mereka tidak salah langkah dalam menjalani masa tersebut. Sebagai upaya memberikan edukasi dan motivasi kepada orang tua dan anak, sejumlah 60 siswa bersama orang tua mengadakan kegiatan Parenting With Fun. Kegiatan ini mengambil tema "Siapkan Ilmu, Siapkan Amal untuk Sambut Akil Baligh" yang berlangsung di Kampung Karet, Ngargoyoso, Karanganyar , Sabtu (6/10/2018).

Pada kegiatan ini, siswa bersama orang tuanya mendapatkan materi seputar akil baligh dan cara menghadapinya. Pemateri pada kegiatan tersebut adalah beberapa orang tua siswa kelas V yang berprofesi sebagai dokter.

Salah satu pemateri, dr. Tri Widodo menyampaikan perlunya edukasi bagi siswa dan orang tua mengenai materi pubertas dan akil baligh agar mereka bisa mengantisipasinya dengan tepat. "Kegiatan ini sangat menarik, siswa harus dibekali ilmu agar tidak salah dalam mengambil tindakan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan akil baligh" ungkapnya.

Muhammad Al Fatih, salah satu siswa kelas V mengaku senang mengikuti kegiatan parenting ini. "Kegiatan ini sangat menyenangkan karena saya mendapatkan ilmu akil baligh dan saya jadi tahu cara menghadapinya" kata Fatih. 

Guru kelas V, Slamet Rismiyadi menyampaikan bahwa  parenting ini bertujuan untuk membekali siswa dalam menyikapi masa pubertas dan akil baligh, selain itu juga membekali para orang tua agar bisa memberikan solusi untuk anaknya saat mengalami kegundahan dalam menghadapi masa tersebut. "Kami berharap siswa bisa memahami bahwa perubahan fisik dan emosional yang dialaminya adalah sesuatu yang wajar sebagai proses alamiah untuk menjadi manusia dewasa", tegasnya.

Muhamad Arifin / Wakasek Kesiswaan dan Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo
081329718196
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025