Kamis, 16 Agustus 2018

Solo, Jawa Tengah, - Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta berhasil menggondol Kuis Anak Indonesia Cerdas Berkarakter Siap-siap Aku Bisa (SSAB) episode ke 22 tahun 2018.

Penyerahan hadiah lomba dilakukan siang tadi, Kamis (16/08/2018) di Taman Balekambang Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Taman Balekambang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. SD Muh 1 berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3 juta, trophy, dan sertifikat.

“Hari ini SD Muh 1 Ketelan Surakarta mengukir prestasi dengan menjadi juara 1 Kuis Saya Siap Saya Bisa yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI dalam rangka Pendidikan Karakter. Sebagai sekolah Rintisan PPK Nasional Kuis menjadi tantangan tersendiri. Tetapi al Hamdulillah, anak-anak bisa melewati dengan baik dan menjadi juara,” ujar Kepala Sekolah, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd.

Dalam kuis SSAB sesi pertama, juara 1 diraih oleh SD Muhammadiyah 1 Ketelan dengan Skor 800, juara 2 oleh SD al Islam II Skor 430, juara 3 oleh SDN Petoran skor 270, juara 4 SDN Kratonan Skor 250 dan Juara 5 oleh SDN Cemara II skor 240.  Sebanyak 60 Siswa SDM 1 Ketelan didampingi Waka Kesiswaan Imam Priyanto, S.Pd., Waka Sarpras Sahudi, S.Pd., Waka Humas Jatmiko, M. Eksanto, S.Pd Pembimbing  dan Sriyanto.

Kepala Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd berharap semoga bermunculan generasi anak bangsa yang semakin berkualitas, sehat dan mampu bersaing di era globalisasi.

“Semoga sebagai sekolah Rintisan PPK Nasional SD Muhammadiyah 1 Ketelan dengan menjadi juara pada kesempatan ini semakin semangat melahirkan generasi-generasi baru anak bangsa yang memiliki 5 karakter utama yaitu Nasionalisme, Religius, Integritas, Gotong Royong dan mandiri, Harapnya.

Sebagai host kuis sesi I adalah Putri Indonesia Pariwisata 2017, Karina Nadila. Dihadiri oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud RI, Dr. Khamim, M.Pd.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Solo, Wahyono mengucapkan kuis SSAB sangat bagus, sangat bermanfaat bagi anak-anak kita. Akan lebih baik lagi yang mendengarkan tidak cukup anak–anak kita tapi saya sudah bangga karena anak-anak spontannitas mampu menterjemahkan  apa yang dimaksud kaitannya dengan beberapa nilai pendidikan karakter  yang diwakili dari 5 tim ada SDN Cemara II, SDN Kratonan, SD Muhammadiyah 1 Ketelan, SDN Petoran, SD al Islam II Jamsaren.

“Saya sampaikan selamat khusus di SD Muhammadiyah 1 Ketelan yang saat ini berkempatan bisa juara I sehingga memberikan satu motivasi dorongan pada anak-anak yang lain untuk bisa berlatih, bisa belajar lebih keras lagi, tentunya pendidikan karakter tidak hanya diketahui tetapi yang paling penting untuk diamalkan di sekolah, masyarakat dan dirumah masing-masing,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Dr. Khamim, M.Pd mengatakan bahwa kuis SSAB ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak Indonesia, membentuk generasi cerdas berkarakter yang mempunyai daya saing yang membanggakan dan hebat serta Pendidikan Karakter adalah Filter dari pengaruh-pengaruh negatif. Tri Pusat Pendidikan melalui sekolah, masyarakat dan orang tua, bersinergi  cerdas dalam mewujudkan Pendidikan Karakter. Saat ini adalah musimnya sedang menyemai, kemudian ditanam, dirawat penuh semangat, penuh harapan akan keberlangsungannya. Mengajar berkualitas dengan olah rasa, spiritual yang hebat, olah hati, olah fikir, kita berharap anak-anak Indonesia memiliki tubuh yang sehat. 

“Ada salah satu pesan sahabat nabi Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian, di antara kalian peserta semua yang hadir di sini boleh jadi bisa menjadi Presiden, Menteri, Bupati, Walikota untuk melanjutkan perjuangan” katanya.

Humas Jatmiko.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter