Jumat, 17 Agustus 2018

Solo, Jawa Tengah,- Beragam acara digelar lembaga pendidikan untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-73, pada tahun 2018 ini. Salah satunya Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, secara khusus mempersembahkan 5 Lagu Nasionalis dan lagu-lagu Muhammadiyah versi Gamelan dengan kolaborasi alat tradisional dan modern.

Sebanyak 8 Siswa, 9 guru, dan 10 vokal guru karyawan unjuk gigi menyanyikan lagu Semangat Juang 45, Sang Surya, Hari Kemerdekaan, maju tak gentar, syukur dan lain sebagainya. Misalnya Lirik Lagu Semangat Juang 45 Galo kae genderane kumlebet angawe-awe, Abang Putih sang Dwiwarna iku lambang sejatine, Negara kita wus merdika, Kang adhedhasar Pancasila, Dumadi kalaning tanggal, Pitulas Agustus sasine, Nuju taun sewu sangangatus patang puluh lima, Rambate rata hayu, Holobis kontul baris, Rambate rata hayu, Holobis kontul baris, Tumandang bareng maju nunggal tekad rahayu, Merdeka merdeka merdeka, Bumi klairanku, Merdeka merdeka merdeka, Wus tetep merdika (Lihatlah di sana, sang bendera telah memanggil, Merah Putih, Sang Dwi Warna itu lambang yang sejati, Negara kita telah merdeka yang berdasarkan Pancasila, Terjadi pada waktu tanggal 17, Agustus bulannya, Pada tahun 1945, Rambate rata hayo, Holobis kontul baris, Rambate rata hayo, Holobis kontul baris, Bekerja maju bersama, menyatukan tekat kemakmuran, Merdeka merdeka merdeka, Bumi kelahiranku, Merdeka merdeka merdeka, Kita telah merdeka)

"Baru kali pertama SD Muhammadiyah 1 Surakarta, bahkan kali pertama SD yang menghadirkan gamelan dalam Upacara Bendera. Tujuannya menumbuhkan rasa handarbeni NKRI melalui lantunan Lagu Nasional Versi Gamelan. Siswa mampu memahami keragaman dalam kesatuan melalui kepaduan tabuhan garap Karawitan lagu Perjuangan," tulis Ki Agung Sudarwanto, S.Sn., M.Sn., dalang Berkemajuan, Jum’at, 17 Agustus 2018.

Selanjutnya, Kepala Sekolah Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy  serta Sambutan PDM Kota Surakarta pada Milad Muhammadiyah ke-109 di depan 806 siswa, 75 guru karyawan, PPL/PPG UMS Jum’at (17/8/2018).

Hari ini kita memperingati 73 Tahun Kemerdekaan Negara kita tercinta, kita mempercayai bahwa pendidikan salah satu jalan perubahan menuju perbaikan, menuju Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Tahun ini kita memasuki ke-20 Era Reformasi yang menghasilkan perubahan paradigma, pola pikir dan budaya kerja. Untuk itu terdapat 5 karakteristik SDM yang dihasilkan pendidikan dan kebudayaan, yaitu memiliki karakter kuat, memiliki multi kecakapan abad 21 dan bersertifikat, elatis dan pembelajar sepanjang hayat, inovatif kewirausahaan dan kewargaan global. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 18-8-2018 mengingatkan pada asean games tahun 1932.

“Peringatan HUT RI ke-73 kita jadikan momentum untuk menunjukkan kinerja dan prestasi yang menjadi kebanggan bagi kita semua dan kekaguman bangsa lain, Kerja Nyata Prestasi Bangsa, Upacara bendera dengan gamelan untuk menunjukkan kepada anak-anak cara mengisi kemerdekaan, kita harus berjuang sesuai kemampuan dan zamnnya, melestarikan budaya dan menampilakn aneka warna yang beda  dan kembali bermuhammmadiyah sepenuh jiwa”ujarnya.

Tuhan yang Maha Rahman dan Rahim, telah menganugerahkan perjalanan panjang Persyarikatan Muhammadiyah melintasi zaman hingga kini berusia seabad lebih, tepatnya 19 tahun (8 Dzulhijjah 1330 H-8 Dzulhijjah 1439 H).

Untuk itu, dengan momentum  milad Muhammadiyah ke-109 ini, kita lakukan rekomitmen Kebermuhammadiyahan dengan jalan, kita jadikan diri sendiri sebagai warga Muhamamdiyah sejati, kita jadikan diri sendiri sebagai bagian keluarga besar Muhammadiyah sebagai umat pilihan yang terbaik disisi Allah, Rasulnya dan manusia lainnya, kita jadikan diri sendiri sebagai pimpinan, anggota, warga Muhammadiyah yang taat asas, tunduk patuh pada aturan, bersikap welas asih dan berjiwa ta’awun dalam kebajikan dan ketaqwaan.

“Milad Muhammadiyah yang ke 109 pdm Kota Surakarta tahun ini mengambil tema “Merajut Ukhuwah menuju Sukses Muktamar ke-48 di Surakarta. Muhammadiyah Kota Surakarta telah Sukses menyelenggarakan Muktamar Muhammadiyah ke-41 Pada Tahun 1985. Sedangkan Muktamar Muhammadiyah ke-48 akan diadakan besok pada tahun 2020 di solo,”ucapnya.

Humas Jatmiko.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter