Rabu, 12 Juli 2023

Hari ini Senin tanggal 10 Juli 2023, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta kedatangan tamu istimewa. Beliau adalah Ketua Majelis Pendidikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta yang baru yaitu Bapak Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd. Kedatangannya hari ini didampingi oleh timnya, yaitu Bapak Dr. H. Waskito Widi Wardoyo, S.S., MA. dan Bapak Drs. Subandriyo.

Selain untuk memperkenalkan diri sebagai pengurus Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta yang baru, kedatangannya di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta juga sekaligus untuk memberikan pembinaan kepada seluruh guru dan karyawan. Dalam kegiatan ini juga menghadirkan kepala sekolah Muhammadiyah yang berada di bawah tanggungjawabnya, yaitu Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, Kepala SMA Muhammadiyah 3 Surakarta, dan Kepala SMA Muhammadiyah PK Kota Barat. Pembinaan hari ini mengambil tema tentang peningkatan kompetensi guru.


“Hari ini saya datang membawa pasukan, selain untuk kenalan dengan guru disini, saya juga ingin menyamakan persepsi dan juga visi misi Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta dengan seluruh guru agar kita semua dapat berkolaborasi untuk memajukan pendidikan di sekolah Muhammadiyah, khususnya di  tingkat Sekolah Menengah Atas,” tuturnya dalam pembinaan pagi ini.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd, juga menyampaikan bahwa salah satu harapan besarnya terhadap sekolah Muhammadiyah adalah agar mampu meningkatkan prestasi, khususnya dalam hal kelulusan siswa kelas XII untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi dengan jalur prestasi, dan juga dapat meningkatkan pelayanan sekolah agar masyarakat mempercayakan putra putrinya untuk bersekolah di Perguruan Muhammadiyah. Karena dua hal ini merupakan salah satu kunci kesuksesan pendidikan di sekolah. untuk dapat meraih itu, maka seorang guru dituntut untuk memiliki 3 hal, yaitu harus menguasai IT, mampu berkolaborasi, dan juga memiliki prestasi.

“Seorang guru agar mampu bersaing di era digital ini maka ia harus memiliki 3 hal, yaitu menguasai teknologi, mampu berkolaborasi, dan juga memiliki prestasi. Dengan ketiga hal ini diharapkan agar guru nantinya dapat meningkatkan prestasi kelulusan siswa untuk dapat diterima di perguruan tinggi jalur prestasi. Selain itu, kualitas pelayanan juga harus ditingkatkan agar masyarakat puas menyekolahkan anak-anaknya di sekolah kita. dua hal itu, meningkatkan prestasi siswa dan juga pelayanan sekolah inilah yang harus menjadi prioritas kita saat ini,” tuturnya.

Menambahkan penjelasan dari ketua majelis pendidikan PDM Kota Surakarta, Bapak Subandriyo mengatakan bahwa, “untuk meningkatkan pelayanan sekolah, salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi guru. Dalam pembelajaran abad 21 ini, siswa dituntut untuk memiliki kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication), maka dalam hal ini sudah sewajarnya jika guru pun harus terlebih dahulu menguasai kompetensi tersebut agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk peserta didiknya,” tuturnya.

Selain itu, dalam sambutannya, Bapak Dr. H. Waskito Widi Wardoyo, S.S., MA, selaku wakil ketua Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta juga menambahkan bahwa, “saat ini siswa kita termasuk dalam kategori generasi strowberi. kita tahu bagaimana karakteristik dari generasi strowberi ini, mereka tidak dapat dikerasi apalagi ditekan, maka dalam hal ini guru harus mempunyai banyak modal ketrampilan untuk bisa menguasai mereka.”

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd, menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran dan nasehat yang telah diberikan oleh ketua majelis pendidikan PDM Kota Surakarta. Beliau juga mengatakan akan menindaklanjuti nasehat-nasehat yang telah diberikan.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak Ketua Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta, Bapak Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd, beserta jajarannya. Terima kasih atas nasehat dan masukannya. Insha Allah ke depannya akan kami tindaklanjuti demi kebaikan sekolah kami,” tuturnya.

Kegiatan pembinaan ini ditutup dengan tanya jawab seputar kebijakan Majelis, dalam kesempatan ini dari pihak PNS DPK diwakili oleh Ibu Sularsih, S.Pd., M.Pd, dari pihak GTY diwakili oleh Bapak Iwan Wuriyanto, SS, dan dari pihak GTT diwakili oleh Bapak Budi Cahyo Nugroho, S.Pd. Semua pertanyaan dijawab dengan sangat jelas oleh ketua Majelis Pendidikan dan dapat dipahami oleh semua pihak. kegiatan pembinaan hari ini ditutup dengan sesi foto bersama. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan, agar tercipta kolaborasi yang baik antara sekolah dan pimpinan majelis pendidikan PDM Kota Surakarta.

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter