Sabtu, 10 Juni 2023

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Surakarta menggelar Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz, Kamis (8/7/2023). Acara berlangsung di Aula MTs Muhammadiyah Surakarta dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IX yang didampingi oleh orang tua. Dipenuhi rasa kebahagiaan siswa dan guru serta karyawan MTs Muhammadiyah Surakarta mengikuti kegiatan tersebut dengan menggunakan kebaya dan beskap jawa yang nampak cantik dan gagah.

Akhirussanah adalah kegiatan rutin setiap akhir tahun pelajaran yang dilaksanakan Madrasah. Kegiatan ini sebagai wadah untuk bersilaturahmi dengan wali siswa kelas IX dan wadah untuk menampilkan kreasi siswa dari kelas VI, VII, dan IX serta penghargaan untuk prestasi anak terutama tahfidzul Qur'an.

Kegiatan Akhirussanah kali ini dihadiri Pengawas Madrasah, Komite Madrasah, Pimpinan cabang Jebres, Pimpinan Ranting Purwodiningratan, orang tua kelas IX, tamu undangan, Guru, Karyawan serta siswa siwi MTs Muhammadiyah Surakarta.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an surat Al Hasyr ayat 18-24 oleh Muhammad Abdi dan Habiburrohim kelas VII Pondok. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesian Raya dan Sang Surya. Acara berikutnya yaitu laporan dari ketua Pelaksana Juni Tur Endah Rusdiani selaku waka kesiswaan, Akhirussanah untuk tahun ini mengusung tema "Simple Things for Golden Generation". 

Dalam kesempatan tersebut Ia berharap Akhirussanah kali ini bisa menjadi wadah untuk siswa berkreasi dan berprestasi khususnya Tahfidzul Qur'an. Ia juga menyampaikan ucapan selamat untuk siswa kelas IX yang sudah lulus, serta ucapan terimaksih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya acara ini.

"Semoga kegiatan akhirussanah ini bisa menjadi wadah siswa untuk berkreasi dan berprestasi khususnya Tahfidzul Quran. Tahun ini kelas IX Tahfidz maupun PK berjumlah 23 siswa kami ucapkan selamat dan sukses untuk anak anak kelas IX MTs Muhammadiyah Surakarta. Saya juga mengucapkan terimakasih atas support dari orang tua kelas IX dan tim Akhirussanah sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar,"terangnya.

Sumarman, selaku Kepala MTs Muhammdiyah Surakarta dalam sambutannya menyampaikan harapannya setelah lulus tahun 2023 ini. Serta mengucapkan selamat atas pencapaian siswa kelas IX. " Saya berharap siswa MTs Muhammadiyah Surakarta bisa menjadi contoh dan teladan di masyarakat setelah lulus ini, serta dapat melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Saya juga ucapkan selamat dan sukses untuk kelas IX atas kelulusannya,"ujarnya.

Ia juga menjelaskan tentang perjuangan MTs Muhammadiyah untuk bangkit lagi salah satunya dengan membuka Program baru yaitu TrenMu KH Ahmad Dahlan MTs Muhammadiyah Surakarta. "MTs Muhammadiyah Surakarta ini didirikan dengan penuh perjuangan, Alhamdulillah 2 tahun ini jumlah siswa baru mengalami peningkatan, salah satunya karena adanya program baru yaitu TrenMu KH Ahmad Dahlan. Semoga tiap tahunya MTs Muhmmadiyah semakin maju dan berprestasi,"imbuhnya.

Selaras dengan kepala Madrasah support dan doa juga disampaikan oleh Ahmad Syaifuddin, selaku Ketua Komite MTs Muhammadiyah Surakarta. Ia berpesan untuk mengembangkan Pondok di MTs Muhammadiyah Surakarta agar lebih maju dan bisa bersaing dengan Sekolah yang lain. 

"Semoga Pondok yang ada di MTs Muhammadiyah Surakarta ini lebih maju dan berkembang agar bisa bersaing dengan sekolah lainya, "jelasnya.

Sambutan terakhir dari Pengawas Kementrian Agama Sri Hartatik, ia menyampaikan harapan dan pesan untuk siswa kelas IX agar tetap melanjutkan sekolah, dan selalu berbakti kepada kedua orang tua. 

"Semoga siswa kelas IX bisa melanjutkan ke Sekolah yang berciri khas islami, mengedepankan Akhlaq. Mempunyai mimpi yang besar, disiplin, kerja keras, dan loyalitas dalam mewujudkannya. Terkahir jangan lupa selalu berbakti kepada orangtua karena kesuksesan tergantung ridhonya orangtua,"ungkapnya.

Acara selanjutnya adalah serah terima siswa kelas IX dari sekolah kepada orang tua yg diwakilkan oleh Iwan Andi S bapak dari ananda Arsyad Maulana kelas IX PK dilanjut dengan prosesi wisuda. Tidak lupa ucapaan perpisahan dari kelas IX yang diwakili oleh Ainur Rofiq dan dijawab adik kelas yg diwakili olwh Sabrina kelas VI Pondok.

Kegiatan Akhirussanah diisi oleh kreatifitas siswa seperti Tari Saman, Senandung lagu islami Kun Anta, dan Rahmatan lil 'Alamiin. Selain itu, persembahan dari kelas IX menyanyikan lagu Hymne Guru, Terima Kasih, Laskar pelangi, dan Sampai jumpa.Terakhir adalah prosesi Wisuda Tahfidz Juz 30,29,28, dan 27 khusus siswa kelas IX yang sudah menyelesaikan rangkaian ujian tahfidz dengan nilai yang baik.

Rangkaian Kegiatan kemudian ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan pembacaan doa dan dilanjutkan foto bersama. (Humas)

0 comments:

Posting Komentar

Ketua

Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd
NBM. 887.570

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Berita Umum

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Informasi


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48
>> Syarat Pengajuan NUPTK JULI - DESEMBER 2022
>> Form Isian Data 2022 / 2023
>> Logo Musyda 2023
>> Lampiran Musyda Dikdasmen 2023
>> SYARAT DAPODIK 2023

Pengunjung

Flag Counter