Rabu, 13 Juli 2022

Dwi Jatmiko
Guru Ekstrakurikuler Jurnalistik Cilik
Sekolah Penggerak SD Muh 1 Ketelan Solo

Ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan non akademik yang dimiliki sekolah, bertujuan untuk mewadahi hobi dan meningkatkan skill siswa, serta melatih jiwa berorganisasi. Maka tak jarang kita temui, siswa yang kemampuan akademiknya biasa saja di kelas, namun memiliki kemampuan lebih di ekstrakurikuler. Misalnya yang berkaitan dengan jurnalistik cilik.

Ekstrakurikuler, seperti yang tercantum dalam Permendikbud RI Nomor 62 Tahun 2014 adalah “kegiatan kurikuler yang dilakukan peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler.

Ekstrakurikuler yang baik dijalankan dengan prinsip berikut ini: 1) individual, yakni selaras dengan potensi, minat dan bakat siswa 2) pilihan, yaitu siswa bebas memilih jenis ekstrakurikuler secara sukarela 3) keterlibatan aktif, yaitu siswa terlibat secara penuh dalam kegiatan yang ada 4) menyenangkan, artinya pembelajaran dilakukan dalam atmosfer yang riang gembira 5) etos kerja, maksudnya siswa dibangun untuk bersemangat dalam kerja yang baik dan tuntas, dan 6) kemanfaatan sosial, artinya kegiatan ekstrakuriluler bermanfaat bagi masyarakat.

Macam-macam Ekstrakurikuler Hizbul Wathan, Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Voly Mini, Tilawah, Musik/Vokal, Tari, Karawitan, Melukis/Mewarnai, Kewirausahaan, Dokcil, Speech and Debate, Olympiade Matematika, Olympiade IPA, Olympiade Bahasa Inggris.

Artinya, ekstrakurikuler memiliki peran yang tak kalah penting jika dibanding kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebab lewat ekstrakurikuler, kadang siswa menemukan nilai dan konsep dirinya, pada bidang keahlian yang mereka kuasai, yang tak terwadahi ketika di ruang kelas.

Siswa diajari cara meliput, wawancara, dan menulis berita. Kegiatan ini menjadi pengalaman menarik bagi siswa. Misal, Jadwal ekstra kurikuler jurnalistik setiap Jumat pukul 12.55-14.05.

Ekstrakurikuler Jurnalistik Cilik bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan anak dalam menulis sebuah berita. Diharapkan mampu mewadahi kegemaran anak-anak dalam bidang jurnalistik.

Bila perlu sekolah bisa meminta bimbingan  dari tutor yang memang konsen di bidang jurnalistik seperti wartawan atau mahasiswa jurnalistik. Jadi, kolaborasi sangat diperlukan untuk menghasilkan karya jurnalistik yang baik untuk membangun ekstrakurikuler jurnalistik cilik.

Guru mengontrol kedalam sekolah sementara tutor fokus membimbing siswa untuk menghasilkan karya yang memenuhi kaidah jurnalistik. Tentu akan lebih baik apabila terdapat guru yang memiliki kemampuan mengemas karya-karya siswa menjadi karya jurnalistik.

Jika dikaitkan dengan konvergensi media maka akan banyak sekali karya jurnalistik sekolah. Jadi anak-anak tetap dapat menjadikan dirinya sebagai Blogger, Youtube, dan Selebgram dengan difasilitasi oleh sekolah.

Materi Ekstrakurikuler Jurnalistik Cilik disusun dengan 60 persen kegiatan praktik dan 40 persen teori yang terdiri dari diskusi, pengenalan dasar 5W 1H, praktek penulisan, praktek pemotretan, pengenalan peralataan alat perekam dan penyusunan portofolio.

Ekstrakurikuler jurnalistik cilik berbasis kecerdasan majemuk sesuai prinsip Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif yang muaranya mampu memotret minat-bakat, dan gaya belajar yang menghasilkan majalah sekolah selesai tepat waktu.

Kemampuan jurnalistik cilik ini meningkatkan hasil belajar khususnya bahasa dan sastra Indonesia. Ditambah prestasi nonakademis saat mengikuti perlombaan yang relevan seperti lomba menulis cerpen, puisi, artikel, pidato, dan fotografi. Skill jurnalistik siswa dalam membuat film pendek/dokumenter juga dipakai oleh guru mata pelajaran terkait.

Pendidikan kita membutuhkan kesadaran sekaligus kesediaan para guru dan orangtua untuk terlibat secara aktif dan bertanggung jawab terhadap masa depan pendidikan anak-anak kita secara benar dan bertanggung jawab, anak hebat orantua terlibat.

Ada sekolah yang mengembangkan ekstrakurikuler dan secara bertahap mampu menunjukkan hasil-hasil pengembangan keberbakatan anak dalam rangka merealisasi sekolah para juara, salah satunya Sekolah Penggerak Perubahan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah berhasil juara I Lomba Budaya Mutu Ekstrakurikuler Sekolah Dasar Swasta tingkat Nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur (11-15/10/2016).

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025