Kamis, 19 Mei 2022

 

Seluruh Guru kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti workshop pembelajaran paradigma baru dan penyusunan perangkat ajar tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan dimulai pukul 12.30 dengan dipimpin oleh Bp. Tri Ristiadi Kuncoro, M. Pd., selaku pembawa acara. Kegiatan diawali doa oleh Bp. Farhan Qodriyanto, S. Pd.I. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan workshop oleh Ibu Dr. Rahayuningaih, S. Pd, M. Pd, selaku Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Materi workshop 1 disampaikan oleh Ibu Dr. rahayuningsih, S.Pd, M.Pd. Diawal beliau menyampaikan bahwa pembuatan perangkat ajar tahun pelajaran 2022/2023 dilakukan untuk  persiapan penyusunan KTSP dan KOS tahun pelajaran 2022/2023. 

Selain itu beliau juga menyampaikan tentang konsep peningkatan kompetensi guru. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan satu dari Sekolah Muhammadiyah unggulan diantara 6 sekolah Muhammadiyah lainnya yang ditetapkan oeleh PWM Jawa Tengah,sehingga SDM  baik guru maupun tenaga kependidikannya di SMA Muhammadiyah 1 harus Unggul. Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Unsur pokok yang ada pada sekolah unggul itu  adalah 1. Sistemnya, 2. Maindset ( Sudahkan guru saat ini menjadi guru yang sesuai dengan zamanya, sesuai dengan model merdeka belajar dan menjadi guru yang menyenangkan., 3. Leadership/kepemimpinan., 4. Penampilan., 5. pelayanan (guru harus berpegang kode etik dalam melayani siswa sesuai dengen kepribadianya). 6. Layanan personil, layanan utama dalam kelas adalah wali kelas karena sebagai ujung tombak penghubung dengan Peserta didik dan Orang tua Peserta didik. Dalam penyampaian materi workshop lainnya Dr. Rahayuningsih, S. Pd, M. Pd, menyampaikan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta telah melaksanakan Program sekolah penggerak sejak Tahun Pelajaran 2021/2022. 


Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak. Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menambah pelaksanaan program sekolah pengegrak pada siswa kelas XI. 

Workshop hari ini adalah salah satu persiapan peneyelenggaraan program PSP di dua tingkat yaitu kelas X dan kelas XI di tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan diadakan workshop hari ini adalah sosialisasi tentang PSP pada semua guru utamanya guru kelas XI yang akan mengampu sesuai mata pelajarannya masing-masing. Konsep tentang pembelajaran dengan paradigma baru, pembelajaran sosial emosional dan pembelajaran berdiferensiasi wajib dipahami dan dikuasai oleh semua guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan materi dua yang disampaikan oleh Bp. Iwan Wuryanto, SS. Dalam materinya menyinggung kurikulum K-13, untuk mempermudah penyusunan perangkat ajar kita bisa berkoordinasi dengan MGMP Sekolah dan disesuaikan dengan struktur kurikulum yang telah ditentukan oleh SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi ke tiga oleh Ibu. Siti Nur Jannah, S. Pd, M.M. Dalam materinya menyampaikan bahwa pembuatan perangkat ajar harus memiliki pedoman : minggu efektif, struktur kurikulum dan bahan ajar. Banyak hal yang diperhatikan dalam pembuatan modul ajar antara lain CP, ATP dan lain lain. Pembuatan modul ajar dilakukan secara bersama dengan masing masing MGMP Sekolah karena dapat mempermudah dalam koordinasi.

Dengan berakhirnya materi dari Ibu. Siti Nur Jannah S. Pd, M.M maka kegiatan workshop hari pertama selesai kemudian dilanjutkan dengan pembuatan perangkat ajar yang akan di dampingi oleh guru pendamping masing masing MGMP Sekolah. Sehingga perangkat ajar semuanya dapat terselesaikan sesuai dengan struktur kurikulum sekolah penggerak yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Tujuan lain dari pelaksanaan workshop hari ini adalah tersusunnya semua perangkat ajar di semua tingkat yaitu perangkat ajar kelas X, XI dan XII yang ditargetkan selesai semua hari Senin, tanggal 30 Mei 2022.

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Posting Populer

Inovasi Pendidikan karakter anti korupsi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Event Terkini


Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Rekap Form Excel Pengajuan Input PTK Baru TK, PAUD, SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022 / 2023
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas / Mutasi
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS
>> BLANGKO RKAS 2022/2023
>> EDARAN MENCHANDISE MUKTAMAR KE - 48

Pengunjung

Flag Counter

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025