Rabu, 29 Desember 2021

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menyelengggarakan FGD, Fokus Grup Discussion Komunitas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Rabu, 29 Desember 2021. 

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah pengawas,  Muhari, M.Pd., Majelis Dikdasmen Muhammadiyah, Drs. H. Yatimun, Praktisi Hj Enny Rahma Zaenal, SE., MM dan Dr. Najib Ali Gysimar, S.H. M.Hum., mewakili lingkungan sekolah RT dan RW serta perwakilan Orang tua dan siswa.

Rangkaian acara meliputi pembukaan, doa, sambuatan, pemaparan materi, diskusi dan tanyajawab. Diawali pembukaan dilanjutkan dengan doa oleh Suratman, S.PdI. sambutan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,M.Pd., mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan mengenalkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menjadi sekolah penggerak dari 6 Sekolah di Surakarta. Selanjutnya menguraikan program sekolah penggerak.

Sambutan dari Majelis Dikdasmen Kota Surakarta, Drs. H. Yatimun berujar, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta terpilih sekolah penggerak untuk menjadi yang terbaik. Melayani masyarakat, berkemajuan, membantu mencerdaskan anak bangsa dengan dukungan dan fasilitas untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Sambutan Pengawas Muhari,M.Pd., untuk mewujudkan merdeka belajar dimulai dari guru penggerak, sekolah penggerak yang ditentukan dari kelapa sekolahnya. Banyak fasilitas yang akan diberikan pemerintah untuk meningkatkan mutu Pendidikan sekolah penggerak menjadi sekolah yang lebih maju.
Dalam pemaparan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta membahs tentang konsep Pembelajaran paradigma baru yaitu mengedepankan merdeka belajar seperti filosofi Ki Hajar Dewantoro. Peran guru berubah menjadi pendidik yang inspiratif dan bertanggungjawab. Guru yang bisa menginspirasi siswa menjadi teladan siswa si sekolah. 

Siswa harus merasa aman, nyaman, menyenangkan dan insklusif.  Sekolah bisa menjadi surga bagi siswa. Beberapa agenda yang sudah dijalankan yaitu Deklasari Sekolah Ramah Anak dan Deklarasi Anti Perundungan dengan melibatkan 30 Agen perubahan untuk menularkan kebiasaan-kebiasaan baik dimanapun mereka berada.

Bahkan dengan gelar Projek yaitu pameran sekolah penggerak yang meliputi kegiatan kelas X dalam bentuk artikel, puisi, komik dan kartun. Lewat kegiatan ini potensi anak digali dan hasilnya sungguh sangat luar biasa.

Dilanjutkan diskusi dengan praktisi dari Hj Eny Rahman Zaenah, SE.,MM., untuk menciptakan sekolah yang inklusi perlu dimengerti konsep inklusi karena semua orang adalah inklusi berkebutuhan khusus sehingga harus dikelola seluruh siswa untuk dilejitkan. Ada sinergi anak, orang tua dan guru pendamping sebagai kolaborasi dan harmonisasi.

Praktisi sekaligus dosen Dr. Najib Ali Gisymar, S.H., M.Hum., surga itu bisa dimunculkan di sekolah. Ibarat ingin masuk surga, maka “tiket: yang harus di”tebus” adalah dengan sholat wajib, sunnah, puasa, haji, shodaqoh, zakat, tahajjud, witir, dzikir dan lain-lain. Hal yang sama bagi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta , apabila serius dan yakin bahwa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mampu bersaing dan bertanding  dengan hasil prestatif, maka dapat dimulai dari Kelas XI dan XII saat ini dengan sisa waktu yang ada, harus mendapat bimbingan dan pendampingan serius dari Guru dan Guru juga akan merasakan “surga” siswanya manakala mampu menembus jenjang S-1 lebih dari 65% lulusannya, apapun pilihan Universitasnya.

Masukan dari tokoh masyarakat yang diwakili ketua RT dan Rw setempay berpendapat perlu kolaborasi Kerjasama dengan warga dan lingkungan untuk mendukung semua usaha yang ada dan yang telah dilakukan.

Masukan dari orang tua siswa, menyambut baik kegiatan tersebut dan mendukung kegiatan yang sudah ada.

Masukan dari siswa,Talitha, ingin lebih banyak siswa ikut terlibat dalam kegiatan sekolah dan Siswa Dimas Tantra Prahesa mengusulkan untuk memaksimalkan lapangan yang ada dan mengusulkan untuk tambahan ektrakurikuler.

Masukan dari guru yang diwakili oleh Siti nur Jannah, mengusulkan5 item: 1.  Banyak IHT untuk menyamakan pikiran untuk paradikma baru, 2. Kolaborasi seluruh stackholder, 3. Meningkatan kompetensi parktek pembelajaran yang melibatkan MGMPS, 4. Model membelajaran yg berpihak pd sisswa, 5. Dukungan sarpra.

Saran Drs H. Yatimun untuk jaminan kualitas terkait profil pelajar Pancasila bisa membaca Al quran dengan baik dan benar dengan memuliakan Allah.

Saran Muhari, M.Pd.,kebijakan tentang mutu di bukti akreditasi, temasuk pengakuan alumni. Jangan lengah mutu lulusan. Harus selalu displin, religius, semangat ditingkatkan, bebas perundungan dalam segala bentuk, berprestasi, kreatif, pengembangan bakat, mutu lulusan diakui msyarakat. pembelajaran harus baik dan menyenangkan, Kemampuan melakukan pengembangan keprofesional berkelanjutan dengan membuat penelitihan yang didesiminasikan.

Saran dari Dr. Najib Najib Ali Gisymar, S.H., M.Hum, perlu dibuat kebijakan untuk share ke beberapa grup WA diluar grup kita supaya lebih mengenalkan kondisi sekolah kita termasuk dengan memberian reword.

Terakhir penutup dari kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,M.Pd., ucapan terima kasih atas masukan dari berbagai pihak sebagai upaya untuk menciptakan surga di sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Posting Populer

PPDB MTs Muhammadiyah Kota Surakarta

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2021
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru PAUD TK
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Syarat Pengajuan SK Yayasan
>> Landasan Hukum Muhammadiyah ( 2016 )
>> KISI US ISMUBA WILAYAH 2022
>> BLANGKO DAYA TAMPUNG PENGGEMBIRA MUKTAMAR 48 TAHUN 2022
>> BLANGKO PAKTA INTEGRITAS

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025