Sabtu, 18 Juli 2020

Kegiatan Parenting dimulai pukul 08,00 secara daring atau online dengan menggunakan aplikasi zoom yang diikuti oleh semua orang tua wali murid dan peserta didik kelas x tahun pelajaran 2020/2021. Dengan tema Mebangun Sinergi Membetuk Generasi Islami, Cerdas dan Kreatif di Era New Normal.

Acara dibuka dengan pembacaan gema wahyu Illahi yang dibacakan oleh ananda Frenanda, siswa kelas X tahun pelajaran 2020/2021, Acara ke-2 adalah sambutan dari Dr Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd., selaku kepala  SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Beliau menyampaikan bahwa, meskipun dalam masa pandemi atau keadaan new normal, namun tetap tidak akan  menghalangi dalam membangun anak didik menjadi anak yang cerdas, islami  dan kreatif dengan sistem daring.

Beliau juga menyampaikan bahwa pada masa pandemi yang boleh masuk sekolah hanyalah daerah tertentu yang berstatus zona hijau dan dengan syarat harus memenuhi protokol yang sangat ketat. Sedangkan kota Solo saat ini masih berstatus zona orange. Karena kondisi tersebut, maka SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dalam pelaksanaan KBM juga menggukanan system pembelajaran jarak jauh secara daring.

Acara ke-3 sambutan dari Drs. H. Tridjono selaku ketua Dikdasmen Muhmmadiyah Kota Surakarta, beliau menyampaikan bahwa ketika pembelajaran dilakukan secara daring, maka kompetensi kepribadian pada saat ini menjadi kurang  karena peserta didik tidak bisa melihat langsung kepribadian seorang guru. Dari sini dapat disimpulkan bahwa peran guru memang tidak dapat tergantikan. Dalam kondisi seperti ini kita harus telaten dalam mengawal dan medidik peserta didik kita bersama-sama antara orang tua dan sekolah.
Acara ke-4 adalah pemaparan informasi sekolah oleh Bp. Iwan Wuriyanto, SS., selaku waka kurikulum. Beliau mengatakan bahwa target dalam membetuk karakter peserta didik harus tercantum dalam tiap materi mata pelajaran. Dalam membetuk karakter, sekolah memiliki mata pelajaran ciri khusus, yaitu  mata pelajaran keislaman dengan tujuan peserta didik memiliki akhlakul karimah. Selain itu, sekolah juga memiliki program ICP, ICP merupakan kelas inovasi yang memiliki kompetensi tahfid dan bahasa Inggris. Dengan target di bidang tahfid minimal hafal 3 juz  dan dalam bahasa Inggris minimal dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Pembelajaran jarak jauh di era new normal ini dilakukan secara daring pada  hari senin- jumat, pukul 07.00-11.00 wib. Pembelajaran dilakukan oleh guru menggunakan aplikasi google classroom dan google meet dengan pembelajaran yang ringan dan menyenangkan. Hal ini merupakan upaya sekolah dalam membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua wali peserta didik.

Acara ke-5 pemaparan informasi dari bp. Suratman, S.Pd.I., selaku waka kesiswaan. Tata tertib merupakan pondasi yang penting dalam membentuk kepribadian peserta didik. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sudah mengemas sedemikan rupa berkaitan dengan tata tertib disekolah.
Acara ke-6 Seminar Paranting yang disampaikan oleh Andi Kusuma Brata, S.E., S.Kom., M.M., M.Si., MCH,CHT. Beliau menyampaikan bahwa sukses itu harus direncanakan. Apa yang bisa dilakukan untuk merencanakan kesuksesan? Yang pertama, mujahadah, yaitu selalu berusaha untuk memerangi hawa nafsu, melawan rasa malas dan terus menggali potensi dalam segala kondisi. yang kedua dengan muroqobah, yaitu selalu merasa diawasi Allah dan meyakini bahwa Allah mencatat semua perbuatan kita melalui malaikat-Nya, sehingga terpacu untuk selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat dengan prinsip Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. yang ketiga muhasabah, yaitu selalu instropeksi diri, selalu melihat kekurangan diri agar termotivasi untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Jika ketiganya sudah dilakukan, insha Allah kesuksesan akan diraih.

Acara ke-7, doa penutup yang dibacakan oleh Ustadz Andi Kusuma Brata, S.E., S.Kom, M.M., M.Si, MCH, CHT.

Selanjutnya kegiatan Awwalussanah dan Seminar Parenting SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ditutup oleh host Inmas Indratama, S.Pd.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025