Minggu, 16 Februari 2020


SMK Muhammadiyah 1 Surakarta menerima bantuan hibah tahun anggaran 2019/2020  mesin CNC dan Grinder, seharga kurang lebih Rp. 611.000,000   dan Grinder seharga 200.000.000, dengan bantuan hibah tersebut diharapkan SMK Muhammadiyah 1 semakin maju dan berkembang dalam menghadapi era digital 4.0 sehingga mampu bersaing diera modern saat ini. Selain itu, dengan adanya bantuan tersebut meningkatan daya saing diera modern.

Di era globalisai tidak  bisa lepas dari penggunaan berbagai  perangkat teknologi canggih. Khusus di dunia manufaktur modern, proses permesinan manual sudah mulai tergantikan mesin otomatis. Salah satu jawaban atas tantangan era teknologi 4.0 mengunakan mesin CNC (Computer Numerical Control).

Dijelaskan Instruktur CNC pelatihan  Mekanik Manufaktur SMK Muhammadiyah 1 Surakarta, Heru dan Triyono, CNC merupakan mesin digerakkan lewat perintah numerik. Dengan kata lain, CNC adalah mesin dioperasikan menggunakan kode angka.
 
Menurut Heru dan Triyono selaku Instruktur CNC pelatihan mekanik  manufaktur. Mesin CNC adalah mesin yang dioperasiakan mengunakan kode angka, selain itu gerakkan lewat perintah numerik. Dalam aplikasinya digunakan ‘G-Code’ untuk perintah menggerakkan,” ujarnya, Rabu (12/02/2020).

Pembuatan produk menggunakan mesin CNC sebenarnya hampir sama dengan mesin manufaktur umumnya. Hanya, saja ada tambahan kontrol dari komputer untuk mengatur gerakan mesin. Pada dasarnya program CNC memiliki konstruksi tertentu, yakni kode atau perintah pendahuluan menggunakan kode G atau G-Code. 
    
Lebih lanjut Heru dan Triyono mengungkapkan, mesin CNC dalam operasionalnya banyak digunakan untuk membuatspare part mesin. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis profil (bentuk) produk.
   
“Sekarang mesin manual pelan-pelan mulai ditinggalkan, Sebagai gantinya digunakanlah mesin CNC, baik di industri skala kecil maupun besar,” ujar heru.

Kendati demikian, model permesinan otomatis lebih banyak dimanfaatkan industri skala besar. Hal itu tak lepas dari tuntutan kecepatan dan kepresisian hasil produksi. Mesin CNC  telah menjadi jawaban atas tantangan industri manufaktur modern. Lewat aplikasi teknologi canggih ini, akurasi suatu produk dapat lebih terukur. 

Dengan adanya CNC ini diharapkan mencetak lulusan yang lebih siap bersaing didunia kerja dan di era teknologi 4.0
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025