Jumat, 15 Februari 2019

Solo,  Sejumlah 48 siswa kelas VII Program Khusus dan siswa ekskul KIR belajar membuat hand soap atau sabun cuci tangan di Rumah Atsiri Indonesia Plumbon Tawangmangu Karanganyar,  Rabu (30/1/2018).

Kegiatan ini disamping pembelajaran diluar kelas siswa memperoleh edukasi kegitan ini membuat sabun cuci tangan, tutur Siti Khoiriah guru IPA pendamping siswa.
Siswa ikut mencoba cara membuat hand soap ini yaitu menyiapkan dua wadah berisi 300 ml dan 200 ml air,  kemudian memasukkan texapon dalam 300 ml air dan tambahkan glycerin dan aduk sampai larut.  Dalam wadah yang terpisah masukkan EDTA, NaCl,  200 ml air aduk hingga larut dan terakhir campurkan kedua larutan tadi hingga larut. Kemudian tambahkan Cocamide DEA dan sedikit minyak atsiri untuk memberi wewangian.
Hermawan Humas SMP Simpon Solo menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan pembelajaran Kurikulum 2013 karena siswa langsung praktek secara kontekstual belajar cara membuat sabun cuci tangan atau hand soap,dengan pengalaman ini nantinya siswa dapat membuat sabun cuci tangan dari bahan yang ada disekitar kita.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025