Kamis, 03 Januari 2019

SOLO,-   SD Muhammadiyah 8 Jagalan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jebres Kota Surakarta mempelopori terselenggaranya Workshop Penilaian Kurikulum 2013 dan Manajemen Sekolah, pada Jumat (28/12).  Workshop  yang berlangsung di Gedung Pusdiklat Darmo Cahyono ini merupakan buah  dari jalinan kerjasama SD Muhammadiyah 8 Jagalan dengan SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi dan SD Muhammadiyah 6 Kampungsewu.

Sejumlah 64 peserta workshop terdiri dari guru dan karyawan dari ketiga sekolah tersebut hadir dan menerima materi tentang penilaian kurikulum 2013 dan manajemen sekolah.  Narasumber yang dihadirkan yaitu Pengawas Dinas Pendidikan Koordinator Wilayah II Kecamatan Jebres dan Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta.

Kepala SD Muhammadiyah 8 Jagalan sekaligus pemrakarsa kegiatan, Parimin Tedjo Pramono, menjelaskan pentingnya kolaborasi ini adalah demi kemajuan bersama, sebagai langkah peningkatan kualitas guru  khususnya untuk sekolah dasar Muhammadiyah di wilayah Kecamatan Jebres sehingga betul-betul mampu mengikuti tuntutan zaman yakni dengan kewajiban diberlakukannya kurikulum 2013.
 
Dunia pendidikan di Indonesia mengalami beberapa kali perubahan kurikulum pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Pada  kurikulum 2013 (K-13), kegiatan pembelajaran mengutamakan aplikasi dalam dunia nyata. Namun bagi beberapa sekolah, pembelajaran ini belum dapat  diterapkan dengan optimal karena SDM yang kurang siap. Meskipun begitu, K-13  memberikan pengalaman baru bagi guru untuk menciptakan bahan ajar yang menarik dengan pembelajaran yang terintegritas.

Pendidikan abad XXI merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai model  pembelajaran berbasis pada aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran.

Selain itu, kecakapan yang dibutuhkan pada abad XXI adalah keterampilan berpikir  tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan global.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jebres, Khoeron, dalam sambutannya menyampaikan harapannya yaitu melalui kegiatan ini sekolah Muhammadiyah di Jebres lebih maju sehingga lebih diminati oleh masyarakat luas. “Memang butuh kerja keras dari  seluruh stakeholder Muhammadiyah untuk menghadapi tantangan di era milenial sekarang demi mewujudkan sekolah Muhammadiyah yang unggul dan berkemajuan”, imbuhnya.

Sementara itu dalam pemaparannya, Maryanto selaku Pengawas Gugus V Dinas Pendidikan Korwil II Kecamatan Jebres, menyampaikan materi tentang Administrasi dan Manajemen Sekolah. “Kecakapan abad ke-21 terdiri dari tiga aspek yakni PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), literasi, serta kompetensi”.
Kompetensi yang dimaksud terdiri dari Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill, Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills), Kecakapan Kreatifitas dan Inovasi (Creativity and Innovation), serta Kecakapan Kolaborasi (Collaboration). Keempat kompetensi tersebut telah dikemas dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Pada akhir materi, beliau berpesan kepada para peserta workshop yaitu “ Apa yang kamu tulis kamu kerjakan, apa yang kamu kerjakan kamu tulis”.

Materi kedua tentang Penilaian Kurikulum 2013 (k13) disampaikan oleh Pengawas Dinas Pendidikan Korwil II Kecamatan Pasar Kliwon, H. Priyono. Beliau  menekankan praktik dan penugasan kepada peserta workshop guna mempermudah pemahaman materi yang disampaikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2020
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP,MTs
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025