Rabu, 20 Desember 2017

Solo, Jawa Tengah, - Sebanyak 120 siswa - siswi di Sekolah Pendidikan Karakter berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah mengikuti Diseminasi pemanfaatan teknologi dari Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) DIY Dinas Dikpora DIY.
“Sebagai Sekolah Model binaan PUSTEKKOM KEMENDIKBUD RI Guna menunjang percepatan arus pembelajaran yang efektif dan efisien serta menyenangkan maka sinergi berbagai pihak sangat penting sebagai mitra penguat pelayanan pendidikan di tengah-tengah era digital saat ini yang telah berkembang dengan pesat, terutama kemajuan teknologi yang telah dihasilkan dan dimanfaatkan dari balai Tekkomdik pada dunia pendidikan” kata Kepala sekolah Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd, Rabu (20/12/2017)
Menurut Yuliarto Wiku Prabowo, SE penggunaan TIK saat ini sangat diperlukan oleh para guru Surakarta, karena dengan menggunakan TIK percepatan arus informasi tentang pendidikan dapat tersampaikan dengan cepat dan tepat. "Para guru Surakarta harus selalu update informasi, dengan TIK diharapkan mampu membantu kerja guru dalam mengemban tugasnya, salah satunya bermain musik, band dengan iPad".
Pertama siswa mencoba lagunya Anji, judulnya “Dia” Yang, kemarin ku melihatmu, Kau bertemu dengannya, Ku rasa sekarang kau masih, Memikirkan tentang dia, Apa kurangnya aku didalam hidupmu
Hingga kau curangi aku, lirik lagu di atas salah satu yang dibawakan tata kelas 5 D dari band Armada yang berjudul asal kau bahagia, dan bapak Yuli guru musik membawakan lagu Indonesia Jaya sangat merdu di iringi band dengan menggunakan iPad yang di sentuh dengan puluhan tarian jari.

Sementara itu, menurut Dra. Isti Triasih Kepala Balai Tekkomdik DIY sebagai salah satu Unit PelaksanaTeknis Daerah (UPTD) di bawahnaungan Dinas Dikpora Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai tugas pokok melaksanakan pengembangan, memproduksi dan memberikan pelayanan pembelajaran berbasisTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) untuk pemerataan mutu Pendidikan, khususnya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Menjadi pusat sumber belajar pendidikan formal dan non formal jenjang pendidikan menengah dan kejuruan berbasis TIK terkemuka tahun 2025 merupakan visi Balai Tekkmodik DIY. Sedangkan misinya adalah mengembangkan dan memproduksi materi pembelajaran berbasis TIK untuk pendidikan formal amuapun non, serta memberikan teknis pemanfaatan TIK. Selainitu, BalaiTekkomdik DIY juga memiliki pelayanan konsultasi dalam penggunaan TIK untuk Pendidikan bagi sekolah dan luarsekolah.
Jogjabelajar, merupakan salah satu layanan berbasis online yang dimiliki oleh Balai Tekkomdik DIY. Jogjabelajar (JB) dibagi menjadi beberapa divisi, yaitu JB Radio, JB Tube, JB Class, JB Media dan JB Budaya. Untuk dapat mengakses layanan jogja belajar dapat diakses melalui www.jogjabelajar.org. Selain itu, seiring perkembangan teknologi khususnya teknologi berbasis mobile, Balai Tekkomdik DIY juga mengembangkan dan memproduksi Aplikasi Mobile yang dapat diunduh melalui Play Store. Aplikasi yang telah dikembangkan dan diproduksi antara lain Hanacaraka, KuncungBawuk, JBRadio, Lumbung Budaya Jogja, Wisata Edukasi, Belajar, Uthak-Uthik Gathuk, Bina Wicara, Ear Quiz, PejuangRakun, dan masihbanyaklagi.
Dalam rangka mempublikasikan dan mempromosikan program kerja layanan, serta produk-produk dari Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BalaiTekkomdik) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta, juga dalam rangka menambah wawasan dalam mengembangkan TIK untuk pendidikan, Balai Tekkomdik DIY akan menyelenggarakan kegiatan Diseminasidan PromosiLuar Daerah.
Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memperkenalkan dan menarik minat para siswa maupun Guru untuk mengetahui lebih jauh tentang BalaiTekkomdik DIY. Sehingga dapat memanfaatkan berbagai produk dan layanan yang telah dikembangkan oleh Balai Tekkomdik DIY untuk meningkatkan mutu Pendidikan. "Diseminasi Pemanfaatan TIK untuk Guru dan Siswa "dibuka secara resmi oleh Kepala sekolah tadi pagi di ruang aula. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan karyawan SD Muhammadiyah Ketelan, Hadir perwakilan sekolah terdekat 3 guru, siswa 7 orang dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Humas Jatmiko.












Redaksi : SD Muhammadiyah 1 Surakarta


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kategori

berita (11) Muktamar (4) Milad (1)

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Email Admin :
Steve6853@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
656942

Fax :
(0271)653025

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Arsip Blog

Posting Populer

Kerjasama


Video Kelompok Paduan Suara di Halal Bihalal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified