Selasa, 07 November 2017

SOLO, JAWA TENGAH — Pagi hari nampak pemandangan berbeda terlihat di depan sekolah; bukan untuk berdemo melainkan optimalisasi barang bekas yang selalu membekas. Ratusan siswa Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah membawa dua botol plastik, satu di potong bagian atasnya dan satu di potong bagian bawahnya, satu cat minyak, satu kuas, resleting berwarna, Henna, dan Lem UHU berduyun-duyun bersemangat ke sekolah, Selasa, 7 November 2017.
Ketika orang lain memandang sebelah mata, barang itu tidak berguna ataupun tak ada manfaatnya. Akan berbeda anggapan itu ditangan Ki Agung Sudarwanto, S.Sn., M.Sn bersama 120 siswa kelas 6, Ia membangkitkan kreativitas dan inovasinya. Mengubah botol plastik menjadikan benda banyak akan manfaat dan berguna sebagai tempat pensil ataupun bolpoin. Untuk menambah nilai estetiknya, siswa diperbolehkan menorehkan cat dibagian luar botol dengan hiasan berbahan tinta timbul ataupun gliter. “biarlah mereka berkreasi dan berinovasi untuk pencarian jati diri melalui karya seni”. “aku bisa… aku bisa… !! bisa berkarya, bisa berprestasi dan bisa menghargai karya orang lain. Membekas di sini bermakna, bahwa melalui proses berkarya ini, mereka selalu membekas dalam hati sebagai pengalaman jiwa untuk sebuah pencarian dan peneguhan karakter siswa.
Senada dengan Jaka Prasetya, S.Si salah satu guru kelas 6, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada siswa agar mereka dapat mengoptimalisasi bahan bekas sebaik mungkin. Ia berharap, kegiatan ini tidak sekedar dikhususkan kepada 120 siswa saja, tetapi bisa menularkan kepada siswa yang lain, khususnya kelas 1 sampai kelas 5 dan akhirnya dapat dibuat suatu tempat pensil yang kuat, praktis dan bernilai ekonomis, tandasnya.
Siswa kelas 6 D Maaliki Istiqlal Amuskan, ”saya mewakili di antara kelas 6 sangat senang, karena banyak pengalaman yang dipetik dari belajar bahan bekas yang membekas dari sebuah botol,” Humas Jatmiko.

Anak - Anak melukis dengan media botol

Anak - Anak antusias mengisi botol 

Anak - Anak ramai - ramai mewarnai botol

Anak - Anak di ruang kelas sangat teliti mewarnai botol - botol yang sudah tidak terpakai

Redaksi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta )

Dokumentasi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta )
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kategori

berita (11) Muktamar (4) Milad (1)

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Email Admin :
Steve6853@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
656942

Fax :
(0271)653025

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Arsip Blog

Posting Populer

Kerjasama


Video Kelompok Paduan Suara di Halal Bihalal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified