Selasa, 31 Oktober 2017

Solo, Jawa Tengah,- Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta berkesempatan menyampaikan praktik baik terkait pelaksanaan literasi sekolah. “Gerakan Literasi Sekolah Membangun Indonesia Literat” tanggal 27-29 Oktober 2017di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud Senayan Jakarta Indonesia. Kesempatan tersebut merupakan penghargaan tersendiri bagi sekolah dan tidak lepas dari upaya sekolah dalam meningkatkan literasi peserta didiknya serta sekolah konsisten mendukung gerakan literasi nasional.
Kepala Sekolah, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd mengatakan kesempatan ini merupakan penghargaan untuk SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta karena tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan ini, juga sebagai motivasi bagi sekolah untuk terus continue meningkatkan kegiatan literasi tidak terbatas pada literasi dasar tetapi juga literasi-literasi lainnya. Inovasi-inovasi yang sudah dilakukan sekolah antara lain mendatangkan mobil keliling perpustakaan Arpusda setiap hari selasa rutin satu pekan dalam sekali, Bukan hanya membaca, peserta didik juga diminta untuk membuat ringkasan atas buku yang telah dibacanya dan menulis di kartu monitoring baca.
"Selain mewajibkan ke perpustakaan, siswa diwajibkan membaca buku di luar pelajaran 15 menit sebelum masuk kelas dan pulang sekolah di sudut baca sehingga kecintaan akan budaya membaca terwujud yang muaranya mampu menumbuhkan talenta siswa-siswa yang kreatif, inovatif dan mandiri mengacu pada nilai utama karakter, yaitu religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas.
Sekolah melakukan dua strategi, yakni penguatan kelembagaan dan pelibatan aktif publik, yaitu keluarga dan masyarakat. Penguatan kelembagaan salah satunya dilakukan dengan membuat program kegiatan Perpustakaan, yang mewajibkan adanya fasilitas taman bacaan atau sudut baca, baik pembelajaran, Penggunaan Kartu E-Money, Kantin dan UKS ," kata Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd, Senin, 30 Oktober 2017. Humas Jatmiko.

Ibu Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd. berfoto bersama dengan  Team Arpusda 

Ibu Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd. menjelaskan akan pentingnya penggunaan E- Money





Redaksi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta )

Dokumentasi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta )
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kategori

berita (11) Muktamar (4) Milad (1)

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Email Admin :
Steve6853@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
656942

Fax :
(0271)653025

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Arsip Blog

Posting Populer

Kerjasama


Video Kelompok Paduan Suara di Halal Bihalal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified