Kamis, 19 Oktober 2017

Solo, Jawa Tengah- Dalam rangka penigkatan derajat kesehatan siswa; Puskesmas Stabelan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta melakukan pemeriksaan kesehatan di Sekolah Sehat, Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Kamis 19 Oktober 2017.
Kehadiran tim kesehatan sebanyak Lima orang ini dalam rangka memeriksa kesehatan siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang dipimpin oleh dr. Yuswanto yang diterima langsung oleh Pihak sekolah Nurtiningsih, A.Mk Perawat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) selanjutnya tim Puskemas memeriksa kesehatan sekitar 139 Siswa kelas 1 A sampai kelas 1 D di ruang UKS Modern.
Adapun jenis pemeriksaan yang dilakukan meliputi 3 jenis yaitu kesehatan umum, kesehatan gigi dan ada pemeriksaan laborat, kadar HB. Menurut Yuliana Pelaksana Promosi Kesehatan, organ-organ tubuh yang diperiksa tersebut merupakan organ yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi manusia.
“ada pemeriksaan laborat yang berguna untuk mengetahui anak-anak yang, nuwun sewu yang terindikasi anemi karena mempengaruhi konsentrasi belajar, cepat lelah, mengantuk nanti ada tindak lanjut apabila teridentifikasi, juga meliputi gigi, kesehatan mata, ketajaman mata, pemeriksaan buta warna, kesehatan umum meliputi telinga, hidung, tenggorokan kebersihan secara umum, kemudian pemeriksaan laborat golongan darah bagi yang menghendaki, nanti sekiranya ada yang teridentifikasi kita rujuk, dengan pengecekan penglihatan menggunakan panel huruf anak akan bisa diketahui anak tersebut mempunyai penyakit miyob atau tidak,” terangnya.
Wakil Kepala sekolah bidang Humas, Jatmiko mengatakan Screening adalah salah satu cara langkah preventif untuk mendeteksi kesehatan siswa sedini mungkin, dan semoga dengan hasil screening ini, sekolah bersama dengan orang tua siswa lebih memperhatikan dan meningkatkan lagi tentang kondisi derajat kesehatan siswa yang Insya Allah siswa-siswi mampu belajar dengan penuh semangat dan berprestasi.” (Humas Jatmiko).

Dokter memeriksa gigi siswa




Siswa - Siswi konsultasi ke dokter

Memeriksa pendengaran siswa

Pemeriksaan Penglihatan Siswa oleh Dokter didampingi oleh Kepala Sekolah SD Muh. 1 Surakarta


Redaksi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Surakarata )

Dokumentasi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Surakarta )
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kategori

berita (11) Muktamar (4) Milad (1)

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Email Admin :
Steve6853@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
656942

Fax :
(0271)653025

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Arsip Blog

Posting Populer

Kerjasama


Video Kelompok Paduan Suara di Halal Bihalal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified