Minggu, 17 September 2017

SOLO, - Pusat Tekonologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Kemendikbud dan Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta silaturrahmi dan pendampingan teknis implementasi pembelajaran inovatif di sekolah model berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah. (Sabtu, 15 September 2017)
Afidah Indranurwati bidang PTP berbasis multi media dan Web dari Pustekkom Kemdikbud, menyampaikan “Portal Rumah Belajar ini dengan alamat belajar kemdikbud.go.id agar dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar pembelajaran interaktif di kelas. Di dalam portal itu sendiri terdapat sejumlah fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Sumber Belajar.
Mereka yang mengunjungi situs ini juga akan menikmati laboratorium maya, kelas maya, Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB), peta budaya, wahana jelajah angkasa, dan lain sebagainya dari sebuah fitur bernama Sumber Belajar, di mana pengunjung bisa mendapatkan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif.
Setiap materi akan dikupas mulai dari kompetensi, materi, simulasi, latihan, dan tes. Seluruhnya disajikan dengan menggunakan audio video dan animasi, sehingga diharapkan akan memudahkan siswa memahami materi terkait.
Bambang Edi Purnomo, “BPMRP adalah institusi pendidikan yang mengembangkan dan mendayagunakan TIK berbasis radio. BPMRPK menyediakan beragam konten pendidikan atau pembelajaran dan sebagai upaya mewujudkan sekolah inovatif berbasis TIK dan ke depan akan dikembangkan dengan pemanfaatan radio pendidikan berbasis streaming”.
Kepala sekolah, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd menyatakan kegiatan uji petik pembelajaran yang dilaksanakan di kelas 5 C yang diampu oleh M. Eksanto, S.Pd  tentang sistem pernapasan manusia adalah salah satu model KBM.
“Kemajuan era digitalisasi internet mengharuskan kita untuk dapat sigap dan pro aktif dalam menghadapi teknologi. Teknologi bisa dimanfaatkan dalam mempermudah Kegiatan Belajar Mengajar dan siswa dapat memanfaatkan rumah belajar sebagai sumber belajar dan memperkokoh sekolah model pembelajaran inovatif berbasis TIK serta mengasah kemampuan bapak, ibu guru dan siswa dalam memanfaatkan teknologi secara baik ,”. Humas Jatmiko.

Ibu Aridah Indranurwati sedang memberikan pengarahan dan memandu murid - murid

Bapak Bambang Edi Purnomo dan Ibu Aridah Indranurwati didampingi guru menyaksikan anak - anak mencoba pembelajaran interaktif melalui web.

Murid - Murid secara interaktif mengikuti materi pembelajaran di ruang kelas

Guru menerangkan tentang pembelajaran interaktif kepada murid - murid


Dokumentasi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta )

Redaksi : Dwi Jatmiko ( SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta )
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kategori

berita (11) Muktamar (4) Milad (1)

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Email Admin :
Steve6853@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
656942

Fax :
(0271)653025

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Arsip Blog

Posting Populer

Kerjasama


Video Kelompok Paduan Suara di Halal Bihalal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified