Senin, 13 April 2015


Jakarta, Kemendikbud --- Pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer atau CBT (Computer Based Test) untuk jenjang SMA/sederajat pada hari pertama telah berlangsung dengan baik. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala di lapangan, salah satunya beberapa peserta UN tidak dapat masuk ke sistem atau login saat akan melaksanakan UN CBT, dan kendala tersebut tidak dapat ditangani di hari yang sama.

Berdasarkan data yang didapatkan dari tiket pengaduan Posko UN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sekitar 23 siswa dari total 160.000 peserta UN CBT tidak bisa login saat akan melaksanakan ujian tersebut. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Nizam mengatakan, sebanyak 0,014 persen siswa yang tidak bisa login UN CBT itu bukan tidak diperbolehkan mengikuti UN melainkan terdapat kendala teknis bagi siswa tersebut dalam pelaksanaan UN CBT.

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN apabila terdapat siswa yang tidak dapat login dalam melaksanakan UN CBT dan kendala tersebut tidak dapat ditangani di hari yang sama, maka siswa tersebut akan diikutsertakan dalam UN CBT susulan. "Dipastikan mereka dapat melakukan login," kata Nizam di Kantor Kemendikbud, Senin (13/04/2015).

UN Susulan untuk jenjang SMA/Sederajat rencananya akan dilaksanakan pada 20-22 April 2015 dan khusus SMK akan dilaksanakan pada 20-23 April 2015.

Salah satu keuntungan bagi siswa dari kejadian ini adalah siswa dapat memanfaatkan waktu menunggu pelaksanaan UN Susulan untuk belajar lebih giat lagi. Diharapkan dapat menghasilkan nilai UN yang optimal dari siswa-siswa tersebut.

Hal tersebut berbeda dengan kendala teknis yang dialami oleh SMKN 3 Kasihan, Bantul, dimana para peserta UN di sekolah tersebut tidak bisa login dikarenakan kesalahan penginstalan dari beberapa data yang didapatkan dari server pusat. Namun, kendala tersebut dapat segera teratasi dan sebanyak 30 siswa di sekolah tersebut dapat melakukan ujian susulan pada sore harinya. (Agi Bahari)

Sumber : www.kemdiknas.go.id

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat

Kalender

Jam

Kategori

berita (11) Muktamar (4) Milad (1)

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Email Admin :
Steve6853@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
656942

Fax :
(0271)653025

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Arsip Blog

Posting Populer

Kerjasama


Video Kelompok Paduan Suara di Halal Bihalal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Kalender Hijriyah

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified