Senin, 03 September 2018

Solo, Jawa Tengah,- Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dan kebudayaan konten, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) telah mengembangkan produk pembelajaran.

Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Pustekkom Yan Setiawan mengatakan, rumah belajar, belajar untuk semua, belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

“Apa itu rumah belajar? Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas. Rumah belajar ditujukan untuk siswa, guru dan masyarakat  luas pada seminar pendidikan bertema "Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk pembelajaran Abad 21 Sebagai Peguatan Pendidikan Karakter", mengundang Faozan Amar, S.Ag., MM Tim Implmentasi PPK Kemendikbud  yang digelar di SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo, Senin, 3 September 2018.

Sementara itu, Tim Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Faozan Amar mengatakan, karakter sebagai poros pendidikan. Di antara Nawacita Presiden Ir. H. Joko Widodo - Drs. H. Jusuf Kalla point 8 ialah  Melakukan Revolusi Karakter Bangsa, Membangun pendidikan kewarganegaraan (sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti), Penataan kembali kurikulum pendidikan nasional, Mengevaluasi model penyeragaman dalam sistem pendidikan nasional, Jaminan hidup yang memadai bagi para guru khususnya di daerah terpencil, Memperbesar akses warga miskin untuk mendapatkan pendidikan.

"Ada 6 latar yang membelakangi bahwa Karakter harus dibentuk sejak dini; Pendidikan Karakter dikembangkan di sekolah /satuan pendidikan; Pendidik sebagai teladan dalam pendidkan karakter; Proses pengebangan karakter anak tidak mudah; Banyak tantangan eksternal yang dihadapi; dan Tantangan internal yang berpengaruh (arah pembangunan dikbud). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan," tutur Faozan.

Membangun Generasi Emas 2045 yang dibekali Keterampilan Abad 21. Keterampilan abad 21 yang dibutuhkan setiap siswa. 3 di antaranya pertama Kualitas Karakter, Bagaimana siswa beradaptasi pada lingkungan yang dinamis, kedua Literasi Dasar, Bagaimana siswa menerapkan keterampilan dasar sehari-hari, dan ketiga Kompetensi, Bagaimana siswa memecahkan, masalah kompleks.

Dalam seminar tersebut melibatkan panitia daerah Waka Kurikulum SW. Winarsi, S.Ag., S.Pd., Waka Sarpras Sahudi, Waka Humas Jatmiko di awali menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin Tri Yuniarti, S.Si., S.Pd diiringi Yuliarto Wiku Prabowo, SE dilanjutkan ucapan selamat datang oleh Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd selaku tuan rumah dan dibuka secara resmi oleh Drs. H. Tridjono Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta.

"Mewakili lembaga dan panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, hadir 100 peserta perwakilan SD, SMP/MTs, SMA/MA, SMK baik Negeri dan Swasta maupun Perguruan Muhammadiyah, Teknologi mampu memungkinkan dan membantu menguatkan proses pendidikan. Jadi salah satu solusi praktis “tidak perlu orangnya atau gurunya yang dikirim ke pelosok”, namun kompetensi dan kepribadian guru yang baik, handal, berkemauan kuat  dan berkualitas itulah yang perlu disebarkan ke berbagai wilayah di Indonesia melalui petik praktik baik berbagi dan bersinergi baik di dunia maya maupun nyata, saya kutipkan dari Alvin Toflerr, Penulis dan Futurulog Amerika Siapa Yang Menguasai Informasi, Akan Menguasai Dunia,” kata Salah Satu Koordinator Panitia Daerah dan Humas Jatmiko.

Humas Jatmiko
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Instrumen Data Sekolah 2020
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP,MTs
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025