Senin, 16 Juli 2018

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala sekolah dan seluruh staf pendidik dan tenaga kependidikan SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta dengan tujuan untuk pembekalan dan penguatan profesi guru dan karyawan dilingkup perguruan Muhammadiyah,khususnya demi kemajuan SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta.

Acara dimulai sejak Jum’at siang pada pukul 13.00 WIB bertempat di PUSDIKLAT Perguruan Muhammadiyah Dharmo Tjahjono berakhir hingga Sabtu siang pukul 13.00 WIB. Acara dibuka langsung oleh perwakilan PDM Kota Surakarta Bp. Tenang Pranata, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa poin penting seorang guru di Perguruan Muhammadiyah harus menguasai 5 kompetensi yakni Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kemuhammadiyahan. Selain itu modal bagi orang-orang yang berjiwa Muhammadiyah harus Percaya Diri atau PD dengan Keislamannya,kata beliau.
Pada prosesi serah terima peserta Baitul Arqom dengan sejumlah 38 peserta meliputi Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan SD MAPAN (nama popular) dilakukan oleh PRM Kel.Jagalan (Bp.Tri Suprapto, SE, S.Pd, MM) kepada MPK (Bp. Pujinto). MPK adalah Majelis Pendidikan Kader selaku instruktur dan master of training. Adapun 2 tugas utama MPK dalam hal ini ; Untuk meningkatkan kualitas dan semangat juang kader dan Meningkatkan kompetensi kader yang meliputi kompetensi akademis dan intelektual, kompetensi keberagamaan, dan kompetensi sosial-kemanusiaan guna menghadapi tantangan organisasi masa depan.
Pada materi pertama, oleh Bp. Mukhorobin dari Majelis Dikdasmen Kota Surakarta  menyampaikan tentang “Ibadah Praktis”. Materi kedua oleh Bp. Drs.H. Supraptono, M.Pd juga dari Majelis Dikdasmen tentang “Manajemen Sekolah”. Pada kesempatan acara tersebut turut juga dihadiri Ketua Majelis Dikdasmen Kota Surakarta Bp. Drs.H. Tridjono, beliau menyampaikan tentang “Kepegawaian Perguruan Muhammadiyah”.
Selanjutnya, Sabtu 7 Juli 2018 materi pertama diisi oleh Bp. Drs. Agus Sumiyanto selaku  Anggota MPK PP Muhammadiyah perwakilan dari Bp. Drs. H. A. Dahlan Rais, M.Hum. yang semula direncanakan akan turut hadir dalam baitul arqom SD Muhammadiyah 8 Jagalan. Namun karna ada kegiatan lain yang bersamaan beliaunya harus ijin. Bp Drs Agus Sumiyanto  menjelaskan tentang Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Pengertian Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah adalah suatu ideologi warga Muhammadiyah untuk mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Berpegang pada Visi Misi Muhammadiyah.
Muhammadiyah dengan gerakannya sebagai gerakan Islam dan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar telah membuktikan dirinya dengan tidak lekang karena ”tuntutan jaman” dan tidak lapuk karena arus sebuah peradaban. untuk mewujudkan cita-cita “menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya” maka pendidikan adalah menjadi pilar dari cita-cita tersebut. Sebuah fondasi “ideologi Pendidikan” dengan gerakan al-maun yang telah diajarkan oleh KH. Ahmad Dahlan selaku pendiri Muhammadiyah menjadi refleksi bagi kita untuk tetap istiqamah mendidik hingga menjadi kader kader persyrikatan, kader ummat dan kader bangsa. Hal tersebut dalah menjadi tugas kita bersama bahwa perlunya merancang dan mengemas pendidkian yang sesuai dengan tuntuan zaman yang disertai dengan berbagai sumber daya, perangkat dan fasilitas yang memadai namun tetap tajam bahwa masih ada sebagaian dari kita yang terlantar, rawan terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan keterbelengguan sistem dan budaya.
Sedangkan, materi terakhir adalah tentang “Keorganisasian” yang disampaikan Bp Suyanto, M.Pdi dari Majelis Pendidikan Kader (MPK).  Pada kegiatan Baitul Arqom ini peserta tidak hanya fokus mendengarkan materi namun juga ada acara kajian-kajian atau kultum usai sholat berjam’ah dan diskusi antar kelompok.
Ustadz Ahmad Sukidi,M.Pdi selaku Ketua Majelis Pendidikan Kader sekaligus menjabat Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Simpon turut hadir dan memberikan tausyah-tausyah atau motivasi kepada peserta Baitul Arqom disela-sela acara, salah satunya adalah tentang komitmen kerja di Perguruan Muhammadiyah. Kemudian di akhir acara, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta berterima kasih kepada seluruh stakeholder guru dan karyawan SD MAPAN yang telah meluangkan waktunya selama dua hari serta PRM Jagalan yang telah  menyelenggarakan kegiatan ini, juga  kepada MPK dan Majelis Dikdasmen selaku fasilitator.
Harapan dari Bp Parimin Tedjo Pramono, S.Pd., M.Pd sendiri selaku Kepala Sekolah SD MAPAN kepada bapak/ibu guru karyawan SD MAPAN (Peserta Baitul Arqom) semoga isi materi yang sudah diterima menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat di implementasikan di sekolah dan didalam kehidupan pribadi serta sosial,paparnya.

Redaksi :  Andri Nugroho ( SD Muhammadiyah 8 Surakarta )

Dokumentasi : Andri Nugroho ( SD Muhammadiyah 8 Surakarta )

1 komentar:

Ketua

Drs. H. Tridjono
NBM. 498.374

Menu

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Kalender

Jam

Kalender Islam

Kalender Hijriyah

Unduh - Download

>> Surat Pernyataan Tidak Terjadi Konflik 2021
>> Instrumen Data Sekolah 2020
>> Form Input PTK GTK Cabdin
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SMA, MA,SMK
>> Ceklist Persyaratan PTK Baru SD, SMP,MTs
>> Form Excel Pengajuan Input PTK Baru SD, SMP
>> Materi 1 BLC
>> Materi 2 Pengenalan HTML (BLC)
>> Materi 2 Web Editor (BLC)
>> News Template
>> Pro News Template
>> Materi 3 BLC ( Membuat Email )
>> Materi 3 BLC ( Membuat Blog )
>> Blangko Pengajuan SK GTT/PTT
>> Blangko Pengajuan SK GTY/PTY
>> Instrumen Sekolah 2015
>> Memasang Link Di Pada Blog Wordpress
>> Menambah Header di Blog (Blogger)
>> Materi 4 BLC ( Membuat Blog Dengan Wordpress )
>> Materi 5 BLC ( CMS )
>> Tutorial CMS Balitbang
>> Materi 6 Localhost CMS Balitbang
>> Materi 8 Cloud Storage
>> Blangko Biodata Guru Agama Islam ( PAI )
>> Materi 9 Pembuatan Header Website
>> Blangko PPDB 2016 / 2017
>> Pengantar PPDB 2016 / 2017
>> Menambahkan Feed Rss Pada Halaman Website
>> Materi Tahsin Perguruan Muhammadiyah
>> Skrip .php untuk Feed RSS CMS Balitbang
>> Materi Google Form atau Formulir Online
>> Materi Desember 2016
>> Jadwal UTS Genap Ciri Khusus SD
>> Blangko Data Bantuan Sekolah 2016
>> Jadwal UAS ( SEKOLAH ) Ciri Khusus SMP/Mts, SMA/MA, SMK 2016/2017
>> Materi Penguatan Kepala Sekolah Tawang Mangu
>> Pengembangan Kurikulum ISMUBA 2017
>> Olimpiade Ahmad Dahlan 2017
>> Kalender Pendidikan Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017 / 2018
>> Kisi - Kisi Akhlaq SMK Ciri Khusus 2017 / 2018
>> Form Data Bantuan dan Prestasi Sekolah 2018
>> Pelatihan SPMU
>> Kalender Pendidikan Dikdasmen PWM Jateng 2018 / 2019
>> Instrumen Data Sekolah 2019
>> Rekaman Irama Nahawand
>> Blangko RKAS 2021
>> Surat Tarik PTK Dinas
>> Form Input PTK GTK Cabdin

Pengunjung

Flag Counter

DIKDASMEN

Masukkan Bahan Berita Website Dikdasmen


Harus memiliki akun google terlebih dahulu
Kemudian klik ikon diatas

Saran dan Kritik ( Mail Box )

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kerjasama


Posting Populer

Arsip Blog

Kontak Kami

Email Kantor :
dikdaspdmsolo@yahoo.co.id
dikdasmenska@gmail.com

Nomor Telp Kantor :
(0271)656942

Fax :
(0271)653025